Studi Pengaruh Penambahan Gardu Induk 275 kV Terhadap Aliran Daya Sistem Kelistrikan Sumatera Barat Dengan Menggunakan Powerworld Simulator

Rehan, Praseptio (2018) Studi Pengaruh Penambahan Gardu Induk 275 kV Terhadap Aliran Daya Sistem Kelistrikan Sumatera Barat Dengan Menggunakan Powerworld Simulator. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (PENDAHULUAN))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (PENUTUP))
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil tegangan, injeksi dan aliran daya aktif-reaktif serta rugi-rugi daya pada jaringan antar busbar dengan melakukan simulasi. Pada penelitian ini dibahas pengaruh penambahan gardu induk 275 terhadap aliran daya pada sistem kelistrikan Sumatera Barat. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data pembangkit, bus, transformator, saluran transmisi dan beban yang diperoleh dari Unit Pengatur Beban Sumatera Bagian Tengah PT.PLN (Persero). Penelitian ini menggunakan metode Newton Raphson sebagai metode analisis dan Powerworld Simulator versi 20 sebagai perangkat lunak komputer pendukung dalam perhitungan. Hasil penelitian yang telah dilakukan melalui simulasi diperoleh nilai tegangan bus yang mengalami kenaikan setelah adanya penambahan gardu induk 275 kV terhadap nilai tegangan sebelum penambahan. Keadaan aliran daya dan injeksi daya semakin kecil setelah adanya penambahan gardu induk 275 kV pada sistem. Rugi-rugi daya yang ditimbulkan mengalami pengurangan setelah adanya penambahan gardu induk 275 kV. Total rugi-rugi daya sebelum penambahan gardu induk 275 kV yaitu sebesar 25,5 MW daya aktif dan 97,55 Mvar daya reaktif, sedangkan setelah penambahan gardu induk 275 kV total rugi-rugi daya sebesar 18,3 MW daya aktif dan 7,19 Mvar daya reaktif. Kata Kunci: Aliran Daya, Metode Newton-Raphson, Powerworld Simulator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Syafii,Ph.D
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 19 Oct 2018 10:06
Last Modified: 19 Oct 2018 10:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39316

Actions (login required)

View Item View Item