PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) PADA FASE PRE - NURSERY.

BENNY, KURNIAWAN (2018) PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) PADA FASE PRE - NURSERY. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I pendahuluan)
bab I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5 penutup)
bab 5 penutup.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img] Text (skripsi fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tandan kosong kelapa sawit (TKKS) merupakan limbah padat yang dihasilkan pabrik kelapa sawit. Pemanfaatan limbah kelapa sawit masih belum optimal dilakukan, oleh karena itu pada penelitian ini dilakukan pemanfaatan limbah TKKS sebagai bahan baku pembuatan kompos. Penelitian ini dilaksanakan diKabupaten Sijunjung Kec. Kamang baru dimulai pada bulan Maret sampai bulan Mei 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk organik tandan kosong kelapa sawit serta dosis yang terbaik terhadap pertumbuhan tanaman kelapa sawit di pre - nursery. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak kelompok (RAK) dengan lima taraf perlakuan daan 3 ulangan. Perlakuan beberapa dosis pupuk tandan kosong kelapa sawit yang terdiri dari Po : Tanpa Kompos TKKS, P1 : 1,75 kg Tanah ultisol + 0,25 kg Kompos TKKS, P2 : 1,50 kg Tanah ultisol + 0,50 kg Kompos TKKS, P3 : 1,25 kg Tanah ultisol + 0,75 kg Kompos TKKS, P4 : 1 kg tanah + 1 kg kompos TKKS. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, diameter batang, jumlah pelepah daun, total luas daun (cm2), bobot kering akar (g), berat segar. Data hasil pengamatan dianalisis secara statistika dengan uji F pada taraf 5% dan dilanjutkan dengan Ducan’s Multiple Range Tes (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil percobaan menujukkan bahwa, pemberian dosis pupuk organik limbah tandan kosong kelapa sawit, P4 : 1 kg tanah + 1 kg kompos TKKS memberikan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan tanaman kelapa sawit pada pre - nursery. Pupuk kompos TKKS bersifat ramah lingkungan bisa menjadi alternatif solusi permasalahan limbah yang ada di perkebunan dan pabrik pengolahan sawit. Kata Kunci : Kelapa Sawit, Limbah, Pupuk Organik, Tandan Kosong Kelapa Sawit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir.Yaherwandi,MSi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 19 Oct 2018 10:42
Last Modified: 19 Oct 2018 10:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39244

Actions (login required)

View Item View Item