SISTEM PENDETEKSI KELAYAKAN BANGUNAN BERTINGKAT SEBAGAI SHELTER TSUNAMI MENGGUNAKAN METODE CROSS-CORRELATION TEMPLATE MATCHING DAN LOGIKA FUZZY DENGAN PROTOKOL KOMUNIKASI MQTT

Stevanus, Setianto (2018) SISTEM PENDETEKSI KELAYAKAN BANGUNAN BERTINGKAT SEBAGAI SHELTER TSUNAMI MENGGUNAKAN METODE CROSS-CORRELATION TEMPLATE MATCHING DAN LOGIKA FUZZY DENGAN PROTOKOL KOMUNIKASI MQTT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrack.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Stevanus Setianto Skripsi Full.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Indonesia adalah negara yang rawan terjadi gempa bumi karena dilalui oleh tiga lempeng tektonik, yaitu : lempeng Indo-Aurstralia, lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik. Gempa yang terjadi di Kota Padang bersumber dari pergerakan lempeng Megathrust. Sistem peringatan dini tsunami saat ini di kota padang bekerja dengan cara membunyikan sirine ketika tsunami terjadi. Masalah yang dihadapi sistem ini adalah sistem tidak mengetahui shelter tsunami yang masih berdiri setelah terjadinya gempa. Masalah tersebut dapat menyebabkan warga sekitar pinggir pantai berlari untuk menyelamatkan diri ke shelter yang tidak dapat digunakan sehingga akan menimbulkan korban jiwa.untuk mengatasi masalah diatasi dirancang sistem pendeteksi kelayakan bangunan bertingkat sebagai shelter tsunami untuk melakukan pendeteksian kelayakan bangunan bertingkat dan mengirim hasil kelayakan bangunan bertingkat ke server menggunakan protokol mqtt. sistem ini bekerja dengan mengambil gambar shelter dan mencocokan gambar tersebut dengan template shelter sebelumnya, lalu menentukan kelayakan shelter berdasarkan derajat kemiripan gambar dan mengirim kelayakan shelter ke server mengg¬unakan protokol mqtt. berdasarkan penelitian ini diperoleh rata-rata waktu respon sistem keseluruhan sebesar 135,4474 s dan dapat diimplementasikan pada Masjid Raya Sumbar dengan rata-rata keluaran 1 (sangat layak) dan standar deviasi nol. Sistem ini dapat melakukan pendeteksian kelayakan shelter namun memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap pencahayaan lingkungan, jarak shelter dari kamera, ketinggian kamera dan orientasi bangunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dody Ichwana Putra, M.T
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 19 Oct 2018 10:54
Last Modified: 19 Oct 2018 10:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39189

Actions (login required)

View Item View Item