Pengendalian Prototipe Robot Kursi Roda Berdasarkan Pergerakan Pergelangan Tangan Menggunakan Leap Motion Dengan Metode Support Vector Machine (SVM)

Taufiq, Avisena (2018) Pengendalian Prototipe Robot Kursi Roda Berdasarkan Pergerakan Pergelangan Tangan Menggunakan Leap Motion Dengan Metode Support Vector Machine (SVM). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
Bab V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img] Text
Tugas Akhir Taufiq.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Bagi disabilitas fisik, kursi roda menjadi perangkat yang menyediakan mobilitas beroda dan tempat duduk sebagai dukungan bagi penggunanya. Namun, bagi yang terkendala dalam menggengam ataupun menggerakkan sesuatu akan kesulitan dalam menggerakkan kursi roda manual yang pada akhirnya mereka akan lebih sering membutuhkan orang lain. Pada tugas akhir ini dibuat sebuah sistem pengontrolan kursi roda dengan pergerakan rotasi pergelangan tangan berdasarkan nilai sudut pitch dan yaw menggunakan sensor Leap Motion dengan metode Support Vector Machine (SVM). Support Vector Machine (SVM) adalah metode yang dapat digunakan sebagai prediktif klasifikasi dengan menggunakan konsep pencarian hyperplane (fungsi pemisah) yang bisa pisahkan data sesuai dengan kelas. Pengontrolan yang dirancang dalam 5 kelas gerakan yaitu maju, mundur, kiri dan kanan serta kondisi berhenti. Hasil penelitian menunjukan bahwa prediksi dari akurasi dengan multi kelas SVM adalah 99,96% untuk pengenalan gerakan tangan. Kemudian diaplikasikan ke prototipe kursi roda dengan dua roda aktif di bagian belakang dan dua roda pasif di bagian depan. Pengujian sistem dilakukan pada 12 orang responden. Masing-masing responden melakukan 3 kali percobaan untuk mengendalikan prototipe kursi roda pada sebuah jalur. Didapatkan hasil yaitu jumlah keluar jalur sebanyak 2 kali dari 36 kali percobaan. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan metode support vector machine cukup baik dalam pengendalian kursi roda, tetapi masih butuh peningkatan agar lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Muhammad Ilhamdi Rusyd
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 19 Oct 2018 10:04
Last Modified: 19 Oct 2018 10:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39181

Actions (login required)

View Item View Item