EFEKTIVITAS PEMANFAATAN DANA DESA DALAM PEMBANGUNAN NAGARI DI KABUPATEN DHARMASRAYA (STUDI KASUS: NAGARI SIKABAU KECAMATAN PULAU PUNJUNG KABUPATEN DHARMASRAYA)

Wulan, Bedi Pratama (2018) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN DANA DESA DALAM PEMBANGUNAN NAGARI DI KABUPATEN DHARMASRAYA (STUDI KASUS: NAGARI SIKABAU KECAMATAN PULAU PUNJUNG KABUPATEN DHARMASRAYA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan)
BAB 5 Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dana desa dapat digunakan untuk membiayai kegiatan yang telah disepakati dan ditetapkan di dalam Musrenbang Desa, dimana taraf tercapainya tujuan dana desa tersebut dilihat dari efektivitasnya. Nagari Sikabau adalah salah satu penerima dana desa terbesar di Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya yang menerapkan tranparansi penggunaan dana desa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pelaksanaan perencanaan pemanfaatan dana desa di Nagari Sikabau dan (2) mengetahui efektivitas pemanfaatan dana desa untuk pembangunan di Nagari Sikabau. Penelitian menggunakan metode studi kasus. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara terhadap responden dan wawancara mendalam terhadap informan kunci, dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan dan pemanfaatan dana desa dalam pengembangan Nagari Sikabau (dari tahun 2015 – 2017) telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan dan (2) efektifitas pemanfaatan dana desa dalam pembangunan Nagari Sikabau, dalam aspek pencapaian tujuan berada pada kategori efektif, aspek integrasi berada pada kategori efektif, dan aspek adaptasi berada pada kategori kurang efektif. Secara keseluruhan dilihat dengan menggabungkan ketiga aspek (pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi), efektivitas penggunaan dana desa dalam pembangunan Nagari Sikabau berada dalam kategori efektif. Kata Kunci: Evaluasi Program, Pembangunan Pedesaan, Partisipasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir.Ira Wahyuni Syarfi, M.S.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 19 Oct 2018 15:07
Last Modified: 19 Oct 2018 15:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39163

Actions (login required)

View Item View Item