PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PIDANA PENJARA TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN (Studi di Pengadilan Negeri Kelas 1A Padang)

Andre, Rahman (2018) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PIDANA PENJARA TERHADAP ANAK PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN (Studi di Pengadilan Negeri Kelas 1A Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan ABstrak.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAb I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Anak adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan makhluk sosial, sejak dalam kandungan mempunyai hak atas hidup dan merdeka serta mendapatkan perlindungan baik dari orang tua, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara, oleh karena itu anak memerlukan pembinaan dan bimbingan khusus atas perkembangan fisik mental spritualnya. Dengan perkembangan zaman yang begitu cepat seperti saat sekarang ini, banyak terjadi tindak pidana yang dilakukan oleh anak guna untuk memenuhi kebutuhannya, salah satu tindak pidana tersebut yaitu tindak pidana pencurian yang disertai dengan keadaan yang memberatkan. Permasalahan yang penulis kaji dalam skripsi ini adalah a) Apakah yang menjadi dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana penjara terhadap anak pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan? b) Apakah kendala hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap anak pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan?. Penelitian ini dilakukan dalam lingkungan Pengadilan Negeri Kelas 1A Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah Yuridis Sosiologis. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang didapat dari hasil penelitian langsung dilapangan (field research) dan data sekunder yaitu informasi-informasi dari bahan studi kepustakaan yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa a) Dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana penjara terhadap anak pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan yaitu berdasarkan pertimbangan Yuridis dan Non Yuridis. Pertimbangan yuridis yaitu pertimbangan hakim yang didasarkan fakta-fakta yang terungkap dalam persidangan dan Undang-Undang yang telah ditetapkan dan non yuridis yaitu keadaan yang berkaitan dengan anak meliputi latar belakang, akibat, kondisi, keadaan sosial serta ekonomi anak korban. b) kendala hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap anak pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan terdapat beberapa kendala, akan tetapi tidak terlalu menghambat jalannya persidangan yaitu: tidak hadirnya orang tua/wali; pengetahuan anak mengenai masalah hukum masih terbatas; singkatnya masa penahanan terhadap anak; dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) tidak ada di Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Efren Nova, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 19 Oct 2018 14:53
Last Modified: 19 Oct 2018 14:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39137

Actions (login required)

View Item View Item