PENGARUH FITOHORMIN INDOLE-3-BUTYRIC ACID DAN VITAMIN C TERHADAP KENDUNGAN LIPID MIKROALGA CHLORELLA VULGARIS UNTUK BAHAN BAKU BIODIESEL

Hafizhatul, Ilmi (2018) PENGARUH FITOHORMIN INDOLE-3-BUTYRIC ACID DAN VITAMIN C TERHADAP KENDUNGAN LIPID MIKROALGA CHLORELLA VULGARIS UNTUK BAHAN BAKU BIODIESEL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover,abstrak pikza.pdf - Published Version

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
Bab 1. Pendahuluan Pikza.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Kesimpulan dan Saran)
Bab 5. Kesimpulan dan saran Pikza.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Dapus Pikza.pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi Full Pik.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mikroalga merupakan salah satu sumber bahan baku produksi biodisel yang sangat potensial karena dapat menghasilkan lipid secara cepat. Mikroalga yang digunakan dalam penelitian ini adalah Chlorella vulgaris yang dikultur dengan variasi medium berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan biomasa dan kandungan lipid dari mikroalga dengan penambahan fitohormon Indole-3-Butyric Acid (IBA) dan vitamin C. Mikroalga dikultur dalam medium dengan penambahan variasi konsentrasi IBA yaitu (1,5 mg/L; 2 mg/L dan 2,5 mg/L) dan variasi penambahan vitamin C (4 mg/L, 6 mg/L dan 8 mg/L). Hasil penelitian menunjukkan IBA dan vitamin C dapat meningkatkan pertumbuhan mikroalga Chlorella vulgaris, yaitu pada medium D (BBM + IBA 2,5 mg/L) menghasilkan biomassa optimum sebesar 0,1048 gram. Pada penambahan vitamin C, pertumbuhan optimum terdapat pada medium G (BBM + Vitamin C 8 mg/L) yaitu sebesar 0,1553 gram. Persentase kandungan lipid tertinggi pada variasi medium IBA dan vitamin C berturut-turut adalah 5,8 % (BBM + IBA 2,5 mg/L) dan 7,5% (BBM + Vitamin C 6 mg/L). Berdasarkan analisis FAME dengan GC-MS, jenis asam lemak yang dominan adalah asam palmitat . Kata kunci: Biodiesel, Chlorella vulgaris, fitohormon, Indole-3-Butyric Acid, vitamin C.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Marniati Salim, M.S
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 18 Oct 2018 18:05
Last Modified: 18 Oct 2018 18:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39122

Actions (login required)

View Item View Item