Ardianto, Nugroho (2018) KARAKTERISASI DAN MENGGAMBAR ULANG KOMPONEN RODA GIGI JAM GADANG BUKITTINGGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (551kB) | Preview |
|
|
Text (Bab V)
3. BAB V.pdf - Published Version Download (43kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
4.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (257kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full)
full ardianto nugroho.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Mesin jam gadang terdiri atas roda bergerigi yang saling terhubung, disangga oleh plat besi dan bekerja secara manual tidak mengunakan listrik atau baterai. Mesin jam itu juga terhubung dengan lonceng pada bagian atas melalui kawat baja. Permasalahan yang muncul beberapa tahun terakhir Jam Gadang mengalami kerusakan yaitu lonceng Jam Gadang yang biasanya berbunyi kini tidak lagi berbunyi. Hal ini dikarenakan ada komponen roda gigi jam gadang yang rusak. Untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada Jam Gadang, maka diperlukanlah proses pergantian komponen roda gigi. Akan tetapi data bahan yang dipergunakan tidak tersedia. Untuk mengetahui bahan referensi yang digunakan pada roda gigi jam gadang maka diperlukan penelitian sehingga dapat mengetahui bahan yang equivalen dengan bahan yang digunakan pada roda gigi yang rusak. Sampel diuji komposisi kimianya untuk mengetahui kandungan yang terdapat didalamnya, bahan utamanya berupa besi (Fe) dan paduan utama yang didapat yaitu >4,5% karbon untuk sampel roda gigi dan untuk sampel pelatuk kadar karbon sebesar 0,154% selanjutnya sampel tongkat pengait kadar karbon 0,018%. Setelah itu sampel diamati dengan mikroskop dan hasil terlihat struktur mikro dari roda gigi merupakan besi tuang kelabu, sampel pelatuk merupakan besi tuang nodular dan sampel tongkat pengait adalah baja karbon rendah Selanjutnya dilakukan pengujian kekerasan untuk mengetahui sifat mekanik dari komponen roda gigi dan komponen pendukungnya dimana hasil yang didapat yaitu sampel roda gigi (pitch luar) sebesar 233,6 HV, sampel roda gigi (pitch dalam) sebesar 256,2 HV, sampel pelatuk sebesar 182,4 HV, dan sampel tongkat sebesar 155,2 HV. Dan material pengganti yang direkomendasikan adalah baja karbon menengah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. H. Is Prima Nanda, MT |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Mesin |
Depositing User: | s1 teknik mesin |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 16:16 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 16:16 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39091 |
Actions (login required)
View Item |