Upaya International Movement Against All Forms of Discrimination and Racism (IMADR) Dalam Menyuarakan Isu Diskriminasi Kasta dan Gender Terhadap Perempuan Dalit India di PBB (2008-2018)

Vini, Alfarina (2018) Upaya International Movement Against All Forms of Discrimination and Racism (IMADR) Dalam Menyuarakan Isu Diskriminasi Kasta dan Gender Terhadap Perempuan Dalit India di PBB (2008-2018). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak _Vini Alfarina.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan)_Vini Alfarina.pdf - Published Version

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V (Penutup))
BAB V (Penutup)_Vini Alfarina.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Vini Alfarina.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL_Vini Alfarina.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh International Movement Against All Forms of Discrimination and Racism (IMADR) dalam menyuarakan isu diskriminasi kasta dan gender yang dialami oleh perempuan Dalit India di PBB. Untuk menganalisis pertanyaan penelitian, penelitian ini menggunakan konsep NGO HAM yang dikembangkan oleh Claude E. Welch, Jr. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan batasan waktu penelitian ini adalah 2008-2018. Berdasarkan analisis yang dilakukan, peneliti menemukan bahwa upaya yang dilakukan IMADR untuk menyuarakan isu tersebut adalah; pertama, ikut andil dalam proses penyusunan standar di PBB, kedua, menyediakan informasi melalui penerbitan buku, website serta media sosial tentang diskriminasi kasta dan gender, ketiga, melakukan lobi kepada Pemerintah India untuk menerapkan aturan yang sesuai dalam melindungi hak perempuan Dalit, dan keempat, menyediakan bantuan legal dan kemanusiaan kepada korban diskriminasi kasta dan gender. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan adanya upaya-upaya tersebut, PBB mampu mengidentifikasi pola diskriminasi dan ketidaksetaraan yang dialami perempan Dalit, memperoleh gambaran yang jelas mengenai situasi yang mereka hadapi dan pada akhirnya mengikutsertakan isu dikriminasi kasta dan gender dalam forumforum internasional yang berkaitan dengan permasalahan HAM dengan tujuan untuk mencari solusi bagi permasalahan khusus tersebut. Kata kunci: IMADR, Perempuan Dalit, PBB, India, NGO HAM

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Poppy Irawan, S.IP, MA.IR
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 18 Oct 2018 17:14
Last Modified: 18 Oct 2018 17:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39090

Actions (login required)

View Item View Item