Pengaruh Ekstrak Beberapa Jenis Rumput Laut Sebagai Biostimulan Terhadap Perkecambahan dan Pertumbuhan Tanaman Kedelai (Glycine max L.)

AISYAH, Aisyah (2018) Pengaruh Ekstrak Beberapa Jenis Rumput Laut Sebagai Biostimulan Terhadap Perkecambahan dan Pertumbuhan Tanaman Kedelai (Glycine max L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover and Abstrac)
01 cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
02 BAB I.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
03 BAB IV.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
00 skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian mengenai pengaruh ekstrak beberapa jenis rumput laut sebagai biostimulan terhadap perkecambahan dan pertumbuhan tanaman kedelai (Glycine max L.) telah dilakukan dari bulan Maret sampai dengan Bulan Mei 2018 di Koto Lua, Limau Manis, Padangdan Laboratorium Riset Fisiologi Tumbuhan, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Padang. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh ekstrak kasar dari beberapa jenis rumput laut dengan peneratapan 5 taraf konsentrasi terhadap perkecambahan dan pertumbuhan tanaman kedelai. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor A, ekstrak kasar biostimulan yang bersumber dari beberapa jenis rumput laut (Padina minor, Sargassum crassifolium, Sargassum cristaefolium dan Turbinaria decurrens), dan faktor B merupakan taraf konsentrasi (kontrol, 0,1%, 0,2%, 0,3%, dan 0,4%). Sampel rumput laut dikoleksi di Pulau Kasiak Gadang, Pantai Nirwana, Padang. Hasil penelitian menunjukan bahwa eksrak rumput laut jenis P. minor mampu memberikan hasil terbaik pada parameter perkecambahan, yaitu indeks vigor benih (82,25%), tinggi total (9,68 cm) dan berat basah kecambah (4,20 gr). Pada parameter pertumbuhan vegetatif, eksrak rumput laut jenis P. minor mampu meningkatkan nilai pada pertambahan tinggi (37,53 cm), jumlah daun (31,80), jumlah cabang (3,40) dan berat basah tanaman kedelai (31,96 gr). Taraf konsentrasi 0,2% mampu memberikan hasil terbaik terhadap parameter perkecambahan pada persentase perkecambahan (85,83%), Indeks vigor benih (80,55%), dan berat kering kecambah (1,60 gr). Konsentrasi ekstrak 0.4% memberikan pengaruh terbaik pada semua parameter pertumbuhan vegetatif tanaman kedelai. Kata kunci: Biostimulan, rumput laut, perkecambahan, pertumbuhan, kedelai, ultisol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Zozy Aneloi Noli
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 19 Oct 2018 12:37
Last Modified: 19 Oct 2018 12:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39088

Actions (login required)

View Item View Item