ANALISA PERBAIKAN JATUH TEGANGAN PADA FEEDER SUDIRMAN, GARDU INDUK SIMPANG HARU MENGGUNAKAN CAPASITOR BANK DAN MEMPERBESAR LUAS PENAMPANG PENGHANTAR

Nadila, Aqlima (2018) ANALISA PERBAIKAN JATUH TEGANGAN PADA FEEDER SUDIRMAN, GARDU INDUK SIMPANG HARU MENGGUNAKAN CAPASITOR BANK DAN MEMPERBESAR LUAS PENAMPANG PENGHANTAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover + abstrak.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Suatu sistem tenaga listrik yang baik harus memiliki nilai tegangan yang tidak melebihi batas toleransi serta rugi-rugi daya yang kecil. Batas toleransi yang diperbolehkan untuk suatu nilai tegangan + 5% -10% dari nilai nominalnya. Jika melewati batasnya hal ini berarti, sangat memungkinkan terjadinya drop tegangan yang besar. Pada skripsi ini akan dilakukan perbaikan kualitas tegangan pada jaringan distribusi menggunakan bank kapasitor yang disertai dengan penggantian kabel penyulang. Proses perbaikan yang pertama dilakukan dengan mengatur ukuran dan penempatan bank kapasitor yang akan dipasang, agar memberikan nilai perbaikan yang paling optimal. Proses perbaikan yang kedua dilakukan dengan mengganti kabel penyulang yang telah ada dengan kabel yang nilai resistansinya lebih kecil. Proses perbaikan yang terakhir dilakukan dengan mengkombinasikan kedua metode tersebut agar didapatkan perbaikan yang paling optimal. Proses perbaikan pada skripsi ini disimulasikan dengan menggunakan perangkat lunak ETAP 12.6.0. Feeder sudirman dalam kondisi awal 26 bus dengan keadaan drop voltage yang nilai tegangannya sebesar 358,73 V. Setelah diperbaiki dengan kapasitor bank, pergantian luas penampang penghantar dan kombinasi kedua perbaikan mendapatkan hasil yang baik, dalam artian jaringan feeder sudirman dalam keadaan normal. Hasil yang paling besar pada tugas akhir ini di dapatkan pada percobaan kombinasi keduanya, meskipun nilai yang didapatkan tidak terlalu berbeda jauh dengan percobaan lainnya. Kata kunci : Bank Kapasitor, Kabel Penyulang, Drop Tegangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir.H.Syukri Yunus,M.Sc
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 18 Oct 2018 16:21
Last Modified: 18 Oct 2018 16:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39086

Actions (login required)

View Item View Item