PENGARUH PERSENTASE JUMLAH PEMBERIAN PAKAN PADA JADWAL WAKTU PEMBERIAN MAKAN TERHADAP TINGKAH LAKU MAKAN AYAM PETELUR JANTAN

Panji, Ilham (2018) PENGARUH PERSENTASE JUMLAH PEMBERIAN PAKAN PADA JADWAL WAKTU PEMBERIAN MAKAN TERHADAP TINGKAH LAKU MAKAN AYAM PETELUR JANTAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. COVER+abstrak.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5 kesimpulan saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img] Text (Full Skripsi)
full skripsi panji.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PENGARUH PERSENTASE JUMLAH PEMBERIAN PAKAN PADA JADWAL WAKTU PEMBERIAN MAKAN TERHADAP TINGKAH LAKU MAKAN AYAM PETELUR JANTAN PANJI ILHAM, dibawah bimbingan Dr. Ir. Tertia Delia Nova, M.Si dan Dr. Ir. Yan Heryandi, MP Bagian Teknologi Produksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Padang, 2018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat waktu pemberian makan yang tepat pada ayam petelur jantan serta bagaimana tingkah laku makan ayam petelur jantan dalam memenuhi kebutuhan setiap hari. Penelitian ini menggunakan 125 ekor ayam petelur jantan dengan bobot rata – rata 34 gram/ekor. Jenis kandang yang digunakan berbentuk kotak (box) dengan ukuran 0,7 x 0,7 x 0,8 m perunit sebanyak 25 unit. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan, yaitu P0 : Pemberian pakan ad-libitum; P1 : 30 % pagi – siang dan 70 % sore – malam; P2 : 40 % pagi – siang dan 60 % sore – malam; P3 : 50 % pagi – saing dan 50 % sore – malam; dan P4 : 60 % pagi – siang dan 40 % sore – malam. Parameter tingkah laku makan yang diamati adalah pengamatan secara skrining (skor), jumlah patukan (kali/5 menit), jeda makan pada waktu pengamatan (detik), dan sisa pakan dalam tempat minum (mg). Hasil analisis ragam menunjukkan persentase jumlah pemberian pakan pada jadwal waktu pemberian makan memberikan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap pengamatan skrinning, jumlah patukan dan sisa pakan dalam tempat minum tetapi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap jeda makan. Hasil dari penelitian menunjukkan skor angka pengamatan skrining 2,54 – 2,99, jumlah patukan ad-libitum 428,63 dan hasil perbedaan persentase pemberian 488,24 – 541,50 kali/5 menit, jeda makan 207,59 – 235,64 detik, dan sisa pakan dalam tempat minum ad-libitum 8,32 dan hasil perbedaan persentase pemberian 11,58 – 17,78 mg. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa persentase jumlah pemberian pakan dengan jadwal waktu pemberian mempengaruhi tingkah laku makan ayam petelur jantan. Ayam petelur jantan yang diberikan pakan ad-libitum menunjukkan tingkah laku makan lebih tenang dari ayam yang diberikan makan dengan persentase dan jadwal waktu makan. Kata Kunci : Ad-libitum, Ayam Petelur Jantan, Pakan, Pembatasan Pakan, Tingkah Laku Makan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Tertia Delia Nova, MSi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 18 Oct 2018 17:57
Last Modified: 18 Oct 2018 17:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39027

Actions (login required)

View Item View Item