ANALISIS KEANDALAN SISTEM DISTRIBUSI PT. PLN (PERSERO) RAYON INDARUNG PENYULANG UNAND DENGAN METODE SECTION TECHNIQUE DAN METODE RIA-SECTION TECHNIQUE

Hibatullah, Verbio (2018) ANALISIS KEANDALAN SISTEM DISTRIBUSI PT. PLN (PERSERO) RAYON INDARUNG PENYULANG UNAND DENGAN METODE SECTION TECHNIQUE DAN METODE RIA-SECTION TECHNIQUE. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup))
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Energi listrik sebagai salah satu kebutuhan yang penting pada saat sekarang ini menuntut perusahaan penyedia energi listrik untuk dapat memiliki kontinuitas ketersediaan energi listrik yang baik. Kontinuitas ketersediaan energi listrik yang baik bergantung pada tingkat keandalan sistem distribusi dalam menyalurkan listrik.. Analisis tingkat keandalan sistem ini juga dilakukan pada PT. PLN (Persero) Rayon Indarung Penyulang Unand. Analisis tingkat keandalan dari sistem dilakukan dengan metode Section Technique dan metode RIA-Section Technique. Metode Section Technique yaitu metode yang melakukan evaluasi keandalan sistem dengan memecah sistem menjadi beberapa seksi terlebih dahulu, lalu melakukan perhitungan pada masing-masing seksi. Metode RIA-Section Technique merupakan gabungan antara metode RIA dan Section Technique sehingga hasil lebih mendekati data lapangan. Indeks keandalan yang dihitung pada metode ini yaitu SAIFI, SAIDI dan CAIDI. Berdasarkan hasil penelitian, nilai indeks keandalan sistem dengan metode Section Technique didapat sebesar SAIFI 3,1254 gangguan/tahun, SAIDI 3,3466 jam /tahun, dan CAIDI 1,0708 jam/tahun. Nilai indeks keandalan dengan metode RIA-Section Technique didapat sebesar SAIFI 3,1720 gangguan/tahun, SAIDI 3,3954 jam/tahun dan CAIDI 1,0704 jam/tahun. Jika dibandingkan dengan standar indeks keandalan SPLN 68-2 : 1986 dengan nilai SAIFI 3,2 gangguan/tahun, SAIDI 21 jam/tahun, dan CAIDI 6,56 jam/tahun, maka diambil dapat kesimpulan bahwa Penyulang Unand dikatakan andal dan memenuhi standar karena nilai indeks keandalan menggunakan kedua metode lebih kecil dari standar. Kata kunci : Keandalan, Section Technique, RIA, SAIFI, SAIDI, CAIDI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Syukri Yunus, M.Sc
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 18 Oct 2018 11:07
Last Modified: 18 Oct 2018 11:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38942

Actions (login required)

View Item View Item