orientasi politik fraksi-fraksi di DPRD Kota Padang dalam proses revisi peraturan daerah no. 24 tahun 2012 tentang kawasan tanpa rokok di kota padang

Rafin, Chaniago (2018) orientasi politik fraksi-fraksi di DPRD Kota Padang dalam proses revisi peraturan daerah no. 24 tahun 2012 tentang kawasan tanpa rokok di kota padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
TAHAP 1 ( cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
TAHAP 2 ( bab 1 ).pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 6 kesimpulan dan saran)
TAHAP 3 ( bab 6 ).pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
TAHAP 4 ( daftar pustaka ).pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img] Text (tugas akhir full)
TAHAP 5 (skripsi full ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Rafin Chaniago. 1310831005. Orientasi dan Kepentingan Politik Fraksi - Fraksi DPRD Kota Padang dalam Proses Revisi Peraturan Daerah No. 24 tahun 2012 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Kota Padang. Jurusan Ilmu Politik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Andalas. Padang. 2018. Dibimbing oleh Pembimbing 1 Dr. Asrinaldi, M. Si dan Pembimbing 2 Dewi Anggraini, S.IP, M.Si. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya proses revisi tentang Perda No. 24 tahun 2012 di Kota Padang terkait pelarangan iklan rokok. Awal munculnya isu revisi ini adanya permintaan dari Pemerintah Kota bersama Walikota Padang agar Perda ini direvisi terkait pelarangan iklan rokok. Hasil dari revisi tersebut ada tujuh fraksi yang menolak dan hanya dua fraksi yang menerima, peneliti tertarik melihat adanya orientasi dari masing-masing fraksi ini terhadap partai politik yang mengusungnya, karena hasil dari fraksi-fraksi yang menolak dan menerima sesuai dengan partai-partai yang mengusung pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota pada Juli 2018. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pola hubungan orientasi dan kepentingan politik Abcarian dan Masannat yang meliputi the representative as a trustee, the representative as a delegate, the representative as politico dan the representative as a partisan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa mayoritas dari fraksi-fraksi di DPRD Kota Padang dalam proses perumusan revisi Perda kawasan tanpa rokok ini selain memiliki orientasi kepada aspirasi masyarakat yang diwakili, ternyata ada hal lain dibelakangnya yaitu memiliki orientasi kepada partai yang mengusungnya, baik dari fraksi yang menerima maupun menolak. Hal ini terlihat dari fraksi-fraksi di DPRD Kota Padang mayoritas menolak revisi Perda ini seperti Gerindra, Demokrat, Nasdem, dan Golkar memang berorientasi mengikut Partai yang mengusungnya karena melihat revisi Perda ini merupakan suatu bentuk pencitraan dari Walikota sendiri. Dan sebaliknya dari fraksi yang menerima PKS dan PAN mereka melihat bahwa fraksi-fraksi yang menolak revisi ini ternyata syarat akan politiknya, dimana Perda ini jika diterima akan melambungkan suara Incumbent sehingga memuluskan jalannya untuk terpilih lagi, untuk itu mereka memilih menolak revisi Perda kawasan tanpa rokok ini. Kata Kunci : Orientasi Politik, Kepentingan Politik, DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Asrinaldi, M. Si
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 18 Oct 2018 13:01
Last Modified: 18 Oct 2018 13:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38900

Actions (login required)

View Item View Item