PELAKSANAAN FUNGSI PENGAWASAN BADAN MUSYAWARAH NAGARI (BMN) DALAM KERJA SAMA YANG DILAKUKAN OLEH WALI NAGARI SUNGAI NANAM PERIODE 2013-2019

Riki, Putra (2018) PELAKSANAAN FUNGSI PENGAWASAN BADAN MUSYAWARAH NAGARI (BMN) DALAM KERJA SAMA YANG DILAKUKAN OLEH WALI NAGARI SUNGAI NANAM PERIODE 2013-2019. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan Abstrak)
Tahap 1.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
Thb2.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text (kesimpulan dan saran)
thb 3.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
thb 4.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (skripsii full)
tgb 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan fungsi pengawasan badan musyawarah nagari (BMN) dalam kerja sama yang dilakukan oleh wali nagari periode 2013-2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Badan Musyawarah Nagari (BMN) memiliki tugas atau fungsi pengawasan untuk mengawasi setiap kegiatan yang dilakukan oleh wali nagari. Di nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok, terjadi penyelewengan uang komisi hasil kerja sama pemerintahan nagari dengan PT. Sinar Asia Fortuna yang dilakukan oleh wali nagari. Penelitian ini ingin melihat bagaimana pengawasan yang dilakukan oleh Badan Musyawarah Nagari (BMN) terhadap permasalahan tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Dalam pemilihan informan penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Untuk menganalisis permasalahan ini peneliti menggunakan teori pengawasan oleh Manullang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Badan Musyawarah Nagari (BMN) sebagai pengawas Wali Nagari dalam pemerintahan nagari telah melaksanakan fungsi pengawasannya sesuai dengan tupoksinya. Hal ini dibuktikan dengan bentuk-bentuk pengawasan yang dilakukan oleh Badan Musyawarah Nagari (BMN) terhadap wali nagari, adapun bentuk pengawasan yang dilakuan adalah peninjauan secara pribadi dan lansung atau tidak langsung. Pengawasan tersebut juga dilakukan dalam bentuk pelaporan baik secara lisan maupun tertulis. Terjadinya kasus ini disebabkan oleh tindakan yang bersifat menguntungkan diri sendiri yang dilakukan wali nagari, bukan karena lemahnya pengawasan yang dilakukan oleh Badan Musyawarah Nagari (BMN).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Tengku Rika Valentina, MA
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 18 Oct 2018 15:18
Last Modified: 18 Oct 2018 15:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38865

Actions (login required)

View Item View Item