PENGARUH PERSENTASE JUMLAH PEMBERIAN PAKAN PADA JADWAL WAKTU PEMBERIAN MAKAN TERHADAP BOBOT AKHIR, KARKAS, PERSENTASE KARKAS, PERSENTASE LEMAK ABDOMEN, DAN KETEBALAN USUS HALUS PADA AYAM PETELUR JANTAN

Widia, Sari Br Surbakti (2018) PENGARUH PERSENTASE JUMLAH PEMBERIAN PAKAN PADA JADWAL WAKTU PEMBERIAN MAKAN TERHADAP BOBOT AKHIR, KARKAS, PERSENTASE KARKAS, PERSENTASE LEMAK ABDOMEN, DAN KETEBALAN USUS HALUS PADA AYAM PETELUR JANTAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
bab 5.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
full skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH PERSENTASE JUMLAH PEMBERIAN PAKAN PADA JADWAL WAKTU PEMBERIAN MAKAN TERHADAP BOBOT AKHIR, KARKAS, PERSENTASE KARKAS, PERSENTASE LEMAK ABDOMEN, DAN KETEBALAN USUS HALUS PADA AYAM PETELUR JANTAN Widia Sari Br Surbakti dibawah bimbingan Dr. Ir. Yan Heryandi, MP dan Dr. Ir. Hj. Tertia Delia Nova, M.Si Bagian Teknologi Produksi Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Andalas, 2018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persentase jumlah pemberian pakan pada jadwal waktu pemberian makan yang efesien terhadap bobot akhir, karkas, persentase karkas, persentase lemak abdomen, dan ketebalan usus halus pada ayam petelur jantan. Penelitian ini menggunakan 125 ekor ayam petelur jantan yang ditempatkan pada 25 unit kandang box dengan ukuran 70 cm x 70 cm x 80 cm/unit. Setiap kandang box diisi 5 ekor ayam petelur jantan dan perlakuan dimulai umur 2 minggu sampai 10 minggu. Penelitian ini dilakukan dengan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan jadwal waktu pemberian makan pagi-siang dan sore-malam yang sama dan persentase jumlah pemberian pakan yang berbeda. Pada perlakuan P0 : pemberian pakan adli bitum, P1 : 30% pagi-siang dan 70% sore-malam, P2 : 40% pagi-siang dan 60% sore-malam, P3 : 50% pagi-siang dan 50% sore-malam, dan P4 : 60% pagi-siang dan 40% sore-malam. Peubah yang diamati adalah bobot akhir (g/ekor), karkas (g/ekor), persentase karkas, persentase lemak abdomen, dan ketebalan usus halus (g/cm). Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh persentase pemberian pakan pada jadwal waktu pemberian makan memberikan pengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap bobot akhir, karkas, persentae karkas, persentase lemak abdomen, dan ketebalan usus halus, namun berpengaruh sangat nyata pada pemberian pakan ad libitum (tanpa batas) terhadap bobot akhir dan karkas. Hasil penelitian menunjukkan angka bobot akhir P0 (638,80g/ekor), bobot akhir persentase pemberian pakan (562,08-578,88 g/ekor), Karkas P0 (401,20 g/ekor) karkas persentase pemberian pakan (337,80-356,40 g/ekor), persentase karkas (60,10-62,76%), persentase lemak abdomen (0,72-1,16%), dan ketebalan usus halus (0,1752-0,1955 g/cm). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persentase jumlah pemberian pakan pada jadwal waktu pemberian makan menghasilkan bobot akhir, karkas, persentase karkas, persentase lemak abdomen, dan ketebalan usus halus yang sama. Pemberian pakan ad libitum (tanpa batas) setiap hari menghasilkan bobot akhir dan karkas yang tertinggi yaitu masing-masing bobot akhir 638,80 g/ekor dan karkas 401,20 g/ekor. Kata Kunci : Ayam Petelur Jantan, Bobot Akhir, Karkas, Lemak Abdomen, Usus Halus, Waktu Pemberian Pakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Yan Heryandi, MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 18 Oct 2018 16:28
Last Modified: 18 Oct 2018 16:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38815

Actions (login required)

View Item View Item