TANGGUNG JAWAB MASKAPAI PENERBANGAN LION AIR KEPADA PENUMPANG DENGAN DITUNDANYA KEBERANGKATAN PENERBANGAN (STUDI KASUS BANDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU)

Vivi, Firmata Sari (2018) TANGGUNG JAWAB MASKAPAI PENERBANGAN LION AIR KEPADA PENUMPANG DENGAN DITUNDANYA KEBERANGKATAN PENERBANGAN (STUDI KASUS BANDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan ABstrak.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pengangkutan udara merupakan sarana perhubungan yang cepat, efisien, ekonomis, dan nyaman. Hal ini tentunya membuat jasa angkutan udara menjadi pilihan yang tepat dalam kehidupan dunia modern yang menuntut segala sesuatu serba cepat dan efisien. Akan tetapi dalam pelaksanaan pengangkutan udara juga terdapat kendala-kendala seperti keterlambatan penerbangan, maka dengan adanya keterlambatan penerbangan ini dikeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 89 Tahun 2015 tentang Penanganan Keterlambatan Penerbangan (Delay Management) Pada Badan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal Di Indonesia, sehingga dapat memberikan perlindungan, keamanan, kepastian agar dapat meningkatkan kepercayaan dari masyarakat untuk menggunakan angkutan udara. Dalam penelitian ini penulis memilih masakapai Lion Air sebagai objek penelitian dan Bandara Internasional Minangkabau sebagai tempat penelitian. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana faktor penyebab ditundanya keberangkatan penerbangan maskapai Lion Air di Bandara Internasional Minangkabau 2). Bagaimana upaya penumpang untuk mendapatkan hak-hak penumpang akibat dari ditundanya keberangkatan penerbangan 3). Bagaimana bentuk tanggung jawab maskapai penerbangan Lion Air kepada penumpang dengan ditundanya keberangkatan penerbangan di Bandara Internasional Minangkabau. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah yuridis empiris dengan analisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan penumpang merasa dirugikan dan tidak puas atas tanggung jawab yang diberikan oleh maskapai Lion Air. Dalam prakteknya bentuk tanggung jawab maskapai Lion Air atas keterlambatan yang dialami penumpang berupa pemberian kompensasi berupa makanan, minuman dan uang. Namun maskapai Lion Air tidak memberikan informasi atau kendala-kendala yang jelas dari keterlambatan penerbangan kepada penumpang seharusnya pihak maskapai Lion Air memeberikan informasi yang jelas sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 89 Tahun 2015.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. H. Rembrandt, S.H., M.Pd
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 17 Oct 2018 13:13
Last Modified: 17 Oct 2018 13:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38748

Actions (login required)

View Item View Item