MANAJEMEN ISU YANG DI BLOW UP OLEH MEDIA ONLINE (Studi Kasus Pada Isu Lingkungan PT. Semen Padang)

TOUFIK, RAMADHAN (2016) MANAJEMEN ISU YANG DI BLOW UP OLEH MEDIA ONLINE (Studi Kasus Pada Isu Lingkungan PT. Semen Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi full Text)
1279.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)

Abstract

media massa pada November 2015 yang mengakibatkan protes dari Warga Ranah Cubadak yang berada di lingkungan pabrik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi manajemen isu yang dilakukan PT. Semen Padang dalam menangani isu lingkungan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, triangulasi, dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Biro Humas, Kepala Bidang Komunikasi PT. Semen Padang, staf Biro K3LH, dan warga Ranah Cubadak. Untuk mendapatkan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Model manajemen isu yang digunakan untuk mengetahui proses manajemen isu, peneliti menggunakan model manajemen isu Chase, Jones, dan Crane. Peneliti juga menggunakan model siklus isu Femers, Klewes, dan Lintemeier untuk melihat siklus isu yang berkembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isu lingkungan PT. Semen Padang di media online yang diselesaikan oleh tim manajemen isu PT. Semen Padang diidentifikasi sebagai isu yang terjadi karena adanya ketidaksenangan masyarakat terhadap debu yang dikeluarkan oleh pabrik sehingga memunculkan protes yang kemudian di blow up oleh media online. Proses manajemen isu yang dilakukan oleh tim manajemen isu PT. Semen Padang diselesaikan dengan cara mengganti rugi kerusakan rumah warga dan mengganti alat penyaring debu pabrik. Strategi manajemen isu yang dilakukan oleh tim manajemen isu PT. Semen Padang melalui beberapa tahapan pengidentifikasian isu, analisis isu, pilihan strategi perubahan isu, pemograman aksi isu, dan evaluasi hasil. Kata kunci: Manajemen Isu, PT. Semen Padang, Tim Manajemen Isu, Model Manajemen Isu Chase, Jones, dan Crane

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 23 Mar 2016 04:00
Last Modified: 30 Jul 2016 04:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/3873

Actions (login required)

View Item View Item