PROGRAM PENANGANAN LAHAN KRITIS DAN SUMBER DAYA AIR BERBASIS MASYARAKAT (PLKSDA-BM) DAN MANFAATNYA TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT (KASUS DI NAGARI TANJUANG BONAI KECAMATAN LINTAU BUO UTARA KABUPATEN TANAH DATAR PROVINSI SUMATERA BARAT)

suresman, riad (2018) PROGRAM PENANGANAN LAHAN KRITIS DAN SUMBER DAYA AIR BERBASIS MASYARAKAT (PLKSDA-BM) DAN MANFAATNYA TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT (KASUS DI NAGARI TANJUANG BONAI KECAMATAN LINTAU BUO UTARA KABUPATEN TANAH DATAR PROVINSI SUMATERA BARAT). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrac.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Program Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air Berbasis Masyarakat selanjutnya disebut PLKSDA-BM adalah bahagian dari program pemerintah dalam penanganan lahan kritis dan pengentasan kemiskinan. Pendekatan partisipatif yang terintegrasi bertujuan memperbaiki lahan kritis/potensi kritis menjadi lahan produktif menghasilkan nilai ekonomis dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan melibatkan atau bekerjasama dengan multipihak. Tujuan penelitian ini menganalisis manfaat program PLKSDA-BM terhadap pendapatan masyarakat pengelolaannya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan analisa data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian secara sengaja dipilih di Nagari Tanjuang Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petani yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan) Sago Lestari sebagai pelaksana program di lapangan yang mulai tahun anggran 2012 sampai dengan tahun 2016. Sampel adalah seluruh anggota Poktan yang berjumlah sebanyak 32 orang. Diwawancara dengan menggunakan kuisioner untuk mendapatkan data yang di analisis untuk melihat ada tidaknya menfaat program PLKSDA-BM terhadap peningkatan pendapatan rumah tangga masyarakat pengelolanya serta menggunakan pedoman wawancara untuk mendapatkan data dari Key Informan. Hasil penelitian ini menunjukkan usahatani di lahan program PLKSDA-BM memberikan manfaat yang besar kepada rata-rata peningkatan pendapatan rumah tangga petani peserta program, yaitu sebesar 34,11 % dari seluruh pendapatan rumah tangga petani peserta program pada tahun 2017 (pasca program). Peningkatan pendapatan ini merupakan salah satu tujuan program PLKSDA-BM, dengan harapan melalui peningkatan pendapatan usahatani di lahan PLKSDA-BM dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani pengelolanya, serta berkurangnya jumlah luas lahan kritis dan berobah menjadi lahan produktif secara berkelanjutan. Kata kunci : Lahan Kritis, Agroforestry, Sinergi, Partisipatif, Kearifan Lokal, Peningkatan Pendapatan, Swadaya Kelompok

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Yonariza, M.Sc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 pembangunan wilayah
Date Deposited: 17 Oct 2018 11:29
Last Modified: 17 Oct 2018 11:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38636

Actions (login required)

View Item View Item