EVALUASI KINERJA OPERASIONAL DAN PEMELIHARAAN JARINGAN IRIGASI BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN (KASUS O&P PADA IRIGASI SKALA BESAR)

Niswara, Misdania (2018) EVALUASI KINERJA OPERASIONAL DAN PEMELIHARAAN JARINGAN IRIGASI BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN (KASUS O&P PADA IRIGASI SKALA BESAR). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)

Abstract

EVALUASI KINERJA OPERASIONAL DAN PEMELIHARAAN JARINGAN IRIGASI BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN (KASUS O&P PADA IRIGASI SKALA BESAR) Niswara Misdania, Eri Gas Ekaputra, Isril Berd ABSTRAK Penelitian mengenai “ Evaluasi Kinerja Operasional dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi Batang Anai Kab. Padang Pariaman (Kasus O&P pada Irigasi Skala Besar)” telah dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kinerja dari operasional dan pemeliharaan (O&P) pada irigasi skala besar Batang Anai terhadap keberlanjutan sumber daya air. Penelitian dilaksanakan dengan pengumpulan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan pengukuran langsung di lapangan, pengambilan data di lapangan, dan wawancara dengan petani di lokasi penelitian, sedangkan data sekunder bersumber dari studi pustaka atau jurnal ilmiah dan data dari dinas terkait. Dari hasil evaluasi kinerja O&P jaringan irigasi, nilai rata-rata efisiensi bagian hulu, tengah dan hilir yaitu masing-masingnya 84,239 %, 83,882 % dan 80,014 %. Selain itu, untuk nilai kinerja dari P3A yang ada di jaringan irigasi Batang Anai ini yaitu pada bagian hulu sebesar 76,6 %, pada bagian tengah sebesar 76,1 %, dan pada bagian hulu sebesar 74,45 %. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, maka sistem irigasi Kabupaten Padang Pariaman dapat dinyatakan berkelanjutan, karena nilai rata-rata efisiensi yang baik dan kinerja P3A memenuhi kategori cukup aktif. Keberlanjutan dari sistem irigasi ini jugamemerlukan peran aktif dari semua pihak terutama P3A agar tetap berjalan dengan baik. Kata kunci‒ Evaluasi, Kinerja, O&P, Irigasi, P3A

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Isril Berd, SU
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: s1 Teknik Pertanian
Date Deposited: 16 Oct 2018 10:47
Last Modified: 16 Oct 2018 10:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38602

Actions (login required)

View Item View Item