PENGARUH TINGKAT KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA PARTAI POLITIK TERHADAP PARTISIPASI POLITIK DALAM PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 2014 ( Studi Perbandingan Pada Kecamatan Bungus Teluk Kabung Dan Kecamatan Kuranji Kota Padang)

SALMI, NURHIDAYAH (2018) PENGARUH TINGKAT KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA PARTAI POLITIK TERHADAP PARTISIPASI POLITIK DALAM PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 2014 ( Studi Perbandingan Pada Kecamatan Bungus Teluk Kabung Dan Kecamatan Kuranji Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
BAB VII (Penutup).pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Salmi Nurhidayah, 1410832023, Jurusan Ilmu Politik, FISIP, Universitas Andalas Padang. Judul Skripsi: Pengaruh Tingkat Kepercayaan Masyarakat Pada Partai Politik Terhadap Partisipasi Politik dalam Pemilihan Umum Legislatif 2014 (Studi Perbandingan Pada Kecamatan Bungus Teluk Kabung Dan Kecamatan Kuranji Kota Padang), Sebagai Pembimbing I Dr. Aidinil Zetra, MA dan Pembimbing II Didi Rahmadi, MA. Skripsi ini terdiri dari 115 halaman, dengan 16 referensi buku, 4 jurnal, 2 skripsi, 6 dokumen, dan 3 situs internet. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan pengaruh tingkat kepercayaan masyarakat pada partai politik terhadap partisipasi politik dalam pemilihan umum legislatif 2014 di Kecamatan Bungus Teluk Kabung dan Kecamatan Kuranji Kota Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori partisipasi politik Huntington dan indikator kepercayaan politik Burhanuddin Muhtadi. Ada 6 bentuk indikator kepercayaan yaitu, kepercayaan terhadap partai politik, kepercayaan terhadap politisi, kepercayaan terhadap menteri dan lembaga kementrian, kepercayaan terhadap DPR, kepercayaan terhadap Presiden, dan kepercayaan terhadap berita politik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei serta jenis penelitian komparatif dengan dua variabel, skala yang digunakan berbentuk ordinal dengan menggunakan uji hipotesis Kendall Tau dan U-Mann Whitney dalam melakukan analisis. Pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan jumlah 200 responden yang tersebar di Kecamatan Bungus dan Kecamatan Kuranji. Unit analisis adalah masyarakat yang memiliki hak pilih pada pemilu legislatif 2014. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tingkat kepercayaan masyarakat pada partai politik terhadap partisipasi politik dalam pemilihan umum legislatif 2014 pada masyarakat Kecamatan Bungus dan masyarakat Kecamatan Kuranji. Hasil perolehan suara yang di peroleh di Kecamatan Bungus terlihat dari kepercayaan masyarakat pada partai politik begitupun hasil perolehan suara yang di peroleh Kecamatan Kuranji pada pemilihan juga terlihat dari kepercayaan masyarakat pada partai politik, perbedaan pengaruh tersebut dapat dilihat dari hasil mean rank dari kedua kecamatan. Kemudian perbedaan yang signifikan terdapat pada indikator pertanyaan: kinerja partai, mengetahui visi misi partai, kepercayaan terhadap pejabat partai, kepercayaan terhadap janji calon dari partai, dan kepercayaan terhadap presiden di kedua kecamatan. Kata kunci: Partisipasi Politik, Kepercayaan Politik, Pemilu, Masyarakat Kecamatan Bungus, Masyarakat Kecamatan Kuranji

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aidinil Zetra, MA
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 15 Oct 2018 12:16
Last Modified: 15 Oct 2018 12:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38478

Actions (login required)

View Item View Item