Asuhan Keperawatan Komunitas Dengan Penerapan Latihan Asertif Melalui Focus Group Discussion (FGD) dan Pendidikan Kesehatan Dalam Upaya Penurunan Angka Kejadian Bullying Di SMP Negeri 10 Padang

afrianti, afrianti (2018) Asuhan Keperawatan Komunitas Dengan Penerapan Latihan Asertif Melalui Focus Group Discussion (FGD) dan Pendidikan Kesehatan Dalam Upaya Penurunan Angka Kejadian Bullying Di SMP Negeri 10 Padang. univrsitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
7. abstrak.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
11. daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img] Text (kti full)
kti full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dampak jangka pendek perilaku bullying menyebabkan korban takut pergi ke sekolah, menarik diri dari pergaulan, kesulitan berkonsentrasi saat belajar sehingga prestasi akademik menurun, dan fatalnya korban berkeinginan bunuh diri. Dampak jangka panjangnya korban lebih tertekan dan mengalami penurunan harga diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efek penerapan Latihan Asertif melalui Focus Group Discussion (FGD) dan Pendidikan Kesehatan terhadap siswa SMP Negeri 10 Padang. Penelitian dilakukan pada tanggal 7 Agustus - 3 September 2018 dan pengabilan data melalui observasi, wawancara dan prestest-posttest . Siswa yang mengikuti penyuluhan berasal dari kelas 7H, 7I, 8H, 8I, 9G, 9H, dan 9I yang berjumlah 230 orang dan peserta FGD dari kelas 8H dan 9H sebanyak 30 orang. Hasil penerapan latihan asertif melalui FGD dan pendidikan kesehatan adalah adanya penurunan angka bullying yang dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest. Dimana sebelum diberikan intervensi ada 46% anak dari 230 siswa yang mengatakan sedang mengalami bullying dan setelah diberikan intervensi angka menurun menjadi 33% dari 230 siswa. Kata Kunci : bullying, siswa, latihan asertif, Focus Group Discussion, FGD, pendidikan kesehatan, remaja Daftar Pustaka : 29 (2000-2018)

Item Type: Other
Primary Supervisor: A g u s S r i B a n o w o , S . K p , M P H
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 17:44
Last Modified: 18 Oct 2018 17:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38420

Actions (login required)

View Item View Item