Asuhan Keperawatan Komunitas Dengan Pendidikan Kesehatan Tentang Hiv/Aids dengan Metode Brainstorming Pada Siswa/Siswi Kepengurusan UKS SMP Negeri 10 Padang Tahun 2018

HABIB, FADLI (2018) Asuhan Keperawatan Komunitas Dengan Pendidikan Kesehatan Tentang Hiv/Aids dengan Metode Brainstorming Pada Siswa/Siswi Kepengurusan UKS SMP Negeri 10 Padang Tahun 2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1(PENDAHULUAN))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI (PENUTUP))
BAB VI (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)

Abstract

ABSTRAK Remaja merupakan salah satu kelompok umur yang rentan terkena HIV/AIDS. Tingkat pengetahuan remaja yang rendah tentang HIV/AIDS dapat menyebabkan remaja beresiko untuk melakukan kegiatan yang menimbulkan penularan HIV/AIDS. Capaian untuk pengetahuan HIV/AIDS pada remaja di dunia masih 40%, masih jauh dari target WHO yaitu 95%. Salah satu cara meningkatkan tingkat pengetahuan remaja adalah dengan melaksanakan pendidikan kesehatan tentang HIV/AIDS pada pelajar dengan metode brainstorming. Berdasarkan pengumpulan data awal didapatkan 74% siswa SMP Negeri 10 Padang memiliki pengetahuan rendah tentang HIV/AIDS. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil pelaksanaan penerapan pendidikan kesehatan tentang HIV/AIDS dengan metode brainstorming terhadap peningkatan tingkat pengetahuan pada siswa kepengurusan UKS SMP Negeri 10 Padang. Metode penelitian ini adalah case study. Pelaksanaan asuhan keperawatan dilaksanakan dari 14 Agustus sampai 1 September 2018. Sampel diambil dari seluruh siswa yang terlibat dalam kepengurusan UKS yang berjumlah 50 orang. Hasil penelitian didapatkan sebelum dilakukan intervensi sebanyak 74% siswa memiliki pengetahuan yang rendah, 26% pengetahuan sedang, dan 0% pengetahuan tinggi. Setelah dilaksanakan intervensi didapatkan 100% siswa memilik pengetahuan yang tinggi tentang HIV/AIDS. Perlu dilaksanakannya penyuluhan rutin tentang HIV/AIDS minimal sekali 6 bulan oleh pihak sekolah dengan cara bekerjasama dengan pihak Puskesmas, dan juga pihak UKS untuk meningkatkan media promosi berupa pemasangan poster bahaya HIV/AIDS di mading atau di ruang UKS. Kata Kunci : Pengetahuan Tentang HIV/AIDS, Pendidikan Kesehatan, metode Brainstorming .

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: NS. MAHATHIR, M.KEP, SP.KEP, KOM.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 16:54
Last Modified: 18 Oct 2018 16:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38386

Actions (login required)

View Item View Item