PENGARUH PEMBERIAN ZAT KONTRAS TERHADAP NEUTROPHIL GELATINASE ASSOCIATED LIPOCALIN (NGAL) PLASMA DAN KREATININ SERUM PADA PERCUTANEOUS CORONARY INTERVENTION (PCI)

Radias, Zasra (2018) PENGARUH PEMBERIAN ZAT KONTRAS TERHADAP NEUTROPHIL GELATINASE ASSOCIATED LIPOCALIN (NGAL) PLASMA DAN KREATININ SERUM PADA PERCUTANEOUS CORONARY INTERVENTION (PCI). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover +abstrak.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB PENUTUP/KESIMPULAN)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka baru.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img] Text (tesis full text)
1. Cover Tesis watermark unand-merged.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Latar Belakang Menurut KDIGO (Kidney Disease Improving Global Outcomes) tahun 2012, Contrast Induced Nephropathy (CIN) didefinisikan sebagai peningkatan serum kreatinin ≥ 25% atau peningkatan absolut kreatinin serum ≥ 0.3 mg/dl dalam 48 jam setelah pemeriksaan radiografik menggunakan zat kontras dan tidak disebabkan oleh faktor lain. Ginjal merupakan sumber utama penghasil NGAL pada AKI. Peningkatan kadar NGAL pada AKI disebabkan oleh berbagai hal mulai dari iskemik hingga toksin. Peningkatan ini terjadi lebih awal dan ditentukan oleh penyebab serta luasnya kerusakan. NGAL juga merupakan polipetida resisten-protease, dilepaskan dari tubulus distal, disekresikan ke urin atau kembali ke plasma (backleak), difiltrasi bebas di glomerulus, direabsorbsi di tubulus proksimal melalui reseptor megalin secara endositosis atau disekresikan ke urin, sehingga NGAL dapat dideteksi baik dalam darah maupun urin. Tujuan Mengetahui pengaruh pemberian zat kontras terhadap Neutrophil Gelatinase Associated Lipocalin (NGAL) plasma dan kreatinin serum pada Percutaneous Coronary Intervention (PCI). Metode Penelitian eksperimental Pre dan Post perlakuan di bagian Ilmu Penyakit Dalam dan bangsal Jantung RSUP Dr. M. Djamil Padang selama 6 bulan. Sampel dipilih secara consecutive random sampling, dengan total 21 pasien yang menjalani PCI yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Sampel yang diperiksa adalah kadar NGAL (plasma) dan kreatinin serum sebelum dan 6 jam setelah pemberian zat kontras. Hasil Dari 21 pasien yang menjalani PCI didapatkan rerata kadar NGAL plasma sebelum PCI 52,26 ng/ml dan 6 jam setelah PCI 64,78 ng/ml. Rerata kadar kreatinin serum sebelum PCI adalah 1,1 mg/dl dan rerata kadar kreatinin serum 6 jam setelah PCI 1,09 mg/dl. Terdapat perbedaan yang bermakna kadar NGAL plasma sebelum dan 6 jam setelah pemberian zat kontras dengan p 0,003 dan tidak terdapat perbedaan yang bermakna pada kreatinin serum sebelum dan 6 jam setelah pemberian zat kontras dengan p > 0,05. Kesimpulan Tidak ada perbedaan yang signifikan antara kadar Kreatinin serum sebelum PCI dengan 6 jam setelah pemberian zat kontras (PCI). Terdapat perbedaan yang signifikan antara kadar NGAL plasma sebelum dengan 6 jam setelah pemberian zat kontras (PCI). Kadar NGAL plasma lebih tinggi secara bermakna pada 6 jam setelah pemberian zat kontras dibandingkan dengan sebelum pemberian zat kontras (PCI). Kata Kunci : NGAL plasma, Kreatinin Serum, PCI

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Syaiful Azmi, SpPD-KGH, FINASIM
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 16 Oct 2018 10:52
Last Modified: 16 Oct 2018 10:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38370

Actions (login required)

View Item View Item