Riry, Ayuza Putri (2018) Asuhan Keperawatan Pada An.A Dengan Kesiapan Peningkatan Perkembangan Usia Prasekolah Dan Manajemen Kasus: Stimulasi Moral, Spiritual Dan Psikososial Kelompok Pada Anak Usia Sekolah Di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Padang. Fakultas Keperawatan, Universitas Andalas. (Unpublished)
|
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (171kB) | Preview |
|
|
Text (pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (226kB) | Preview |
|
|
Text (bab v)
BAB V.pdf - Published Version Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (147kB) | Preview |
|
Text (KIA Full)
full text new.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Masa pra sekolah merupakan masa ketika anak berumur 3-6 tahun. Kegagalan tugas perkembangan yang terjadi pada usia prasekolah bisa menyebabkan anak memiliki perasaan bersalah sehingga anak tidak mau berinisiatif. Oleh karena itu diperlukan stimulasi yang tepat oleh keluarga. Untuk mendukung pelaksanaan tersebut diterapkan kemitraan lintas program dalam manajemen pelayanan keperawatan Perawat sebagai bagian dari pelayanan kesehatan turut andil mewujudkan program peningkatan perkembangan anak melalui upaya pelayanan kesehatan jiwa melalui pendekatan Community Mental Health Nursing (CMHN). Salah satu tugas dan fungsi CMHN yakni melakukan manajemen kasus kesehatan jiwa dalam bentuk kegiatan pendidikan stimulasi moral, spiritual dan psikososial pada anak usia sekolah di RW 06. Karya ilmiah ini bertujuan memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif pada klien dengan kesiapan peningkatan perkembangan usia prasekolah serta menerapakan stimulasi moral, spiritual dan psikososial. Asuhan keperawatan diberikan dengan pendekatan proses keperawatan dan metode studi kasus terhadap klien usia prasekolah dari tanggal 7-18 Agustus 2018 dan manajeman kasus stimulasi pada tanggal 19 Agustus 2018. Hasil akhir asuhan keperawatan anak prasekolah, klien dan keluarga mampu meningkatkan stimulasi perkembangan anak di delapan aspek dalam masing masing pertemuan untuk mencapai kemandirian. Setelah diberikan stimulasi kelompok diperolehh hasil bahwa anak mampu melakukan stimulasi moral, spiritual dan psikososial kelompok anak usia sekolah. Disarankan kepada perawat agar melakukan kunjungan rumah pada anak usia praschool serta melakukan pembinaan yang berkelanjutan terhadap keluarga dengan anak usia prasekolah dalam pertemuan kelompok keluarga sehat serta memberikan penyuluhan terkait permasalahan yang ditemukan dimasyarakat. Kata kunci : Prasekolah, CMHN, Stimulasi Daftar Pustaka: 50 (2002-2016)
Item Type: | Other |
---|---|
Primary Supervisor: | Ns. Bunga Permata Wenny, M.Kep |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Program S1 Keperawatan |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 17:39 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 17:39 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38317 |
Actions (login required)
View Item |