PEMANFAATAN BEBERAPA JENIS PUPUK KANDANG DAN EM4 DALAM MENDUKUNG SISTEM PERTANIAN ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN RUMPUT RAJA (Pennisetum purpuphoides) PADA PEMOTONGAN PERTAMA

Rifella, Fulta (2018) PEMANFAATAN BEBERAPA JENIS PUPUK KANDANG DAN EM4 DALAM MENDUKUNG SISTEM PERTANIAN ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN RUMPUT RAJA (Pennisetum purpuphoides) PADA PEMOTONGAN PERTAMA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
3. Bab Akhir (Penutup-kesimpulan).pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PEMANFAATAN BEBERAPA JENIS PUPUK KANDANG DAN EM4 DALAM MENDUKUNG SISTEM PERTANIAN ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN RUMPUT RAJA (Pennisetum purpuphoides) PADA PEMOTONGAN PERTAMA RIFELLA FULTA, di bawah bimbingan Dr. Ir. Suyitman, M.P. dan Dr. Riesi Sriagtula, S.Pt., M.P. Bagian Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh, 2018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan beberapa jenis pupuk kandang dan Effective microorganism 4 (EM4) dalam mendukung sistem pertanian organik terhadap pertumbuhan (tinggi tanaman, panjang daun, lebar daun, diameter batang, jumlah anakan dan persentase batang dan daun) rumput raja (Pennisetum purpuphoides) pada pemotongan pertama. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 perlakuan yaitu : A (N,P,K + pupuk feses sapi), B (pupuk feses kerbau + EM4), C (pupuk feses kambing + EM4), D (pupuk feses ayam + EM4), E (pupuk feses sapi + EM4), dan 4 ulangan (kelompok), yang bertindak sebagai kelompok adalah kemiringan lahan. Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa pemberian pupuk kandang dan EM4 memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap tinggi tanaman yaitu berkisar antara 186,75-271,37 cm dan panjang daun berkisar antara 117,18-161,50 cm, berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap lebar daun yaitu berkisar antara 4,43-5,35 cm dan diameter batang berkisar antara 2,66-3,25 cm, tetapi berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap jumlah anakan yaitu berkisar dari 11,12-14,93 batang dan persentase batang berkisar antara 41,02-57,00 % dan persentase daun berkisar antara 43,00-58,98 % rumput raja pada pemotongan pertama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian pupuk feses ayam dan EM4 pada rumput raja memberikan pertumbuhan yang terbaik dibandingkan dengan pupuk feses sapi, feses kerbau, feses kambing, dan pupuk anorganik. Penggunaan pupuk kandang dan EM4 dapat menggantikan penggunaan pupuk anorganik sehingga dapat mendukung sistem pertanian organik ke depannya. Kata Kunci : EM4, Pennisetum purpuphoides, Pertumbuhan, Pupuk Kandang, Sistem Pertanian Organik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Suyitman, M.P.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 10 Oct 2018 15:09
Last Modified: 10 Oct 2018 15:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38304

Actions (login required)

View Item View Item