Asuhan keperawatan ny.a dengan ketoasidosis diabetikum serta aplikasi massage minyak zaitun untuk pencegahan luka dekubitus di ruangan hcu penyakit dalam rsup dr. M djamil padang tahun 2018

Elditya, Fransiska (2018) Asuhan keperawatan ny.a dengan ketoasidosis diabetikum serta aplikasi massage minyak zaitun untuk pencegahan luka dekubitus di ruangan hcu penyakit dalam rsup dr. M djamil padang tahun 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I upload.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V penutup KTI.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img] Text (KTI FULL)
KTI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ketosidosis diabetikum merupakan suatu kondisi kekacauan metabolik yang terutama disebabkan oleh defisiensi insulin absolute atau relatif. Ketoasidosis diabetikum ditandai oleh adanya hiperglikemia, asidosis metabolik dan ketonuria. Pasien dengan Ketoasidosis diabetikum sangat sering dijumpai dengan penurunan kesadaran, sehingga menyebabkan klien akan mengalami tirah baring lama. Tirah baring lama pada klien dapat menimbulkan terjadinya ulkus dekubitus. Salah satu pencegahan luka dekubitus dengan pemberian pijat menggunakan minyak zaitun pada daerah potensial terjadinya luka dekubitus. Manajemen asuhan keperawatan dengan aplikasi minyak zaitun mencegah terjadinya luka dekubitus berdasarkan evidence Based Nursing Practice (EBNP). Penggunaan minyak zaitun yang memiliki kandungan asam oleat, trigliserida 98%, emolien, polifenol dan vitamin E dapat membantu mempertahankan kelembapan dan elastisitas kulit sekaligus memperlancar proses regenerasi kulit, sehingga mengurangi terjadinya ulkus tekan. Tujuan penulisan ini untuk memaparkan asuhan keperawatan pada Ny.A dengan ketoasidosis diabetikum dengan pemberian minyak zaitun untuk mencegah luka dekubitus. Prosedur yang dilakukan dimulai dari pengkajian, analisa data, menerapkan diagnosis keperawatan, menyusun intervensi, melakukan implementasi dan evaluasi. Berdasarkan pengkajian, ditemukan masalah keperawatan risiko ketidakefektifan perfusi jaringan serebral, risiko ketidakstablian kadar glukosa darah, kerusakan pertukaran gas dan risiko kerusakan integritas kulit. Hasil implementasi pijat dengan minyak zaitun pada pasien selama 7 hari berturut-turut, tidak adanya luka dekubitus ditandai dengan tidak adanya kemerahan, tidak adanya kulit mnegelupas, tidak ada luka, tidak ada nyeri tekan dan tidak ada edema. Hasil pelaksanaan didapatkan bahwa pijat dengan minyak zaitun sangat bermanfaat untuk mencegah luka dekubitus pada pasien yang mengalami tirah baring lama. Kata Kunci : Ketoasidosis Diabetikum, Pijat, minyak Zaitun, Luka dekubitus Referensi : 39 (1999 – 2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Reni Prima Gusty,S.Kp,M.Kes
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 16:36
Last Modified: 18 Oct 2018 16:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38234

Actions (login required)

View Item View Item