PENGARUH PEMBATASAN RANSUM DAN EFEKNYA SETELAH MASA PEMULIHAN TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN PERSENTASE KARKAS DAN LEMAK ABDOMEN ITIK BAYANG JANTAN

Mitadayani, Mitadayani (2018) PENGARUH PEMBATASAN RANSUM DAN EFEKNYA SETELAH MASA PEMULIHAN TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN PERSENTASE KARKAS DAN LEMAK ABDOMEN ITIK BAYANG JANTAN. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembatasan ransum dan efeknya setelah masa pemulihan terhadap laju pertumbuhan, persentase karkas dan lemak abdomen itik Bayang jantan. Penelitian ini menggunakan 120 ekor DOD itik Bayang jantan dan perlakuan dimulai pada umur 2 sampai 12 minggu. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 kelompok sebagai ulangan, setiap unit ulangan terdiri dari 6 ekor itik Bayang jantan. Perlakuan dalam penelitian terdiri dari P0 (tanpa pembatasan), P1 (pembatasan pemberian 15%), P2 (pembatasan pemberian 30%) dan P3 (pembatasan pemberian 45%) selama 3 minggu. Parameter yang diamati adalah laju pertumbuhan, persentase karkas dan lemak abdomen. Data dianalisis menggunakan analisis keragaman dan apabila terdapat hasil yang signifikan dilakukan uji lanjut DMRT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembatasan ransum memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) menurunkan laju pertumbuhan dan persentase karkas. Pemberian ransum secara ad libitum pada masa pemulihan sampai akhir penelitian memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) meningkatkan laju pertumbuhan dan berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap persentase karkas namun memberikan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap lemak abdomen. Laju pertumbuhan itik Bayang jantan yang tertinggi selama pembatasan ransum pada P0 (ad libitum) sebesar 0,394 dan selama masa pemulihan pada P3 (45%) sebesar 0,143. Rataan persentase karkas pada akhir pembatasan ransum sebesar 49,258% dan pada akhir penelitian sebesar 57,623%. Lemak abdomen yang terendah pada P0 (ad libitum) 0,520%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlakuan pembatasan ransum sebesar P3 (45%) selama 3 minggu menunjukkan hasil yang terbaik dari perlakuan lainnya. Kata Kunci : Pembatasan Ransum, Masa Pemulihan, Laju Pertumbuhan, Persetase Karkas, Lemak Abdomen, Itik Bayang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Sabrina, MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 09 Oct 2018 14:52
Last Modified: 09 Oct 2018 14:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38217

Actions (login required)

View Item View Item