ASUHAN KEPERAWATAN PADA Tn. R DENGAN ANSIETAS DAN MANAJEMEN LAYANAN KEMITRAAN LINTAS SEKTOR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG TAHUN 2018

YOSHI, HERNANDA (2018) ASUHAN KEPERAWATAN PADA Tn. R DENGAN ANSIETAS DAN MANAJEMEN LAYANAN KEMITRAAN LINTAS SEKTOR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG TAHUN 2018. Yoshi Hernanda. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img] Text (KIA FULLTEXT)
KIA YOSHI LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ansietas merupakan salah satu dampak yang banyak disebabkan oleh penyakit kronis yaitu stroke. Dimana tingkat ansitas yang dialami akibat stroke dapat berbeda tergantung keparahan penyakit dan koping individu terhadap penyakitnya. Karya ilmiah ini bertujuan memberikan asuhan keperawatan komprehensif kepada pasien dengan ansietas dan mengoptimalkan penerapan manajemen layanan kemitraan lintas sektor untuk mengatasi masalah stress pada lansia. Metode yang digunakan untuk asuhan keperawatan dengan menggunakan proses keperawatan sedangkan untuk manajemen pelayanan menggunakan metode kemitraan lintas sektor dengan pemberian terapi religi untuk lansia. Hasil dari asuhan keperawatan yang diberikan terjadi penurunan tanda dan gejala kecemasan yang dirasakan klien dan klien serta keluarga dapat melakukan teknik relaksasi untuk mengontrol kecemasan secara mandiri. Setelah dilakukan manajemen layanan kemitraan lintas sektor dapat meningkatkan pengetahuan peserta tentang stress dan megurangi gejala stress yang dirasakan. Disarankan kepada puskesmas untuk tetap melakukan asuhan keperawatan tentang manajemen ansietas dengan mengikut sertakan klien dan keluarga dan tetap melaksanakan kerjasama lintas sektor dalam pemberian terapi spiritual untuk mengatasi masalah kesehatan jiwa masyarakat khususnya stress pada lansia. Kata Kunci : Ansietas, Stroke, Kerjasama Lintas Sektor Bibliografi : 42 (2005 – 2018)

Item Type: Other
Primary Supervisor: Ns. Randy Refnandes, M. Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Oct 2018 17:37
Last Modified: 18 Oct 2018 17:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38181

Actions (login required)

View Item View Item