PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SADARI SEBAGAI DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA PADA SISWI SMA 4 PADANG

Ranti, Anggasari (2018) PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SADARI SEBAGAI DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA PADA SISWI SMA 4 PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII PENUTUP)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS SEPTEMBER 2018 Nama : Ranti Anggasari No. Bp : 1411312024 PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SADARI SEBAGAI DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA PADA SISWI SMA 4 PADANG ABSTRAK Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) sebagai salah satu intervensi deteksi dini kanker payudara. Remaja merupakan awal untuk reproduksi dan pada usia ini peer education mempengaruhi aspek kehidupan kesehatan remaja termasuk SADARI, oleh karena itu diberikan promosi kesehatan untuk membentuk perilaku pencegahan. Salah satu metode yang dapat digunakan dengan pemberian peer education untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap SADARI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peer education terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja tentang SADARI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra Eksperimen dengan pendekatan One Group Pre-test Post-test. Sampel dari penelitian ini adalah remaja yang berjumlah 16 orang yang dipilih menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan teknik pengolahan data uji Wilcoxon. Pengumpulan data menggunakan instrumen pengetahuan dan sikap SADARI. Hasil penelitian ini didapatkan rata-rata pengetahuan remaja sebelum intervensi 51,25 sedangkan setelah intervensi meningkat menjadi 92,19 (p value = 0,000). Rata-rata sikap remaja sebelum intervensi 24,88, sedangkan setelah intervensi meningkat menjadi 28,88 (p value = 0,000). Kesimpulan (p value = 0,000) ada pengaruh peer education terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap tentang SADARI pada remaja. Diharapkan peer education menjadi salah satu program dalam aspek kesehatan remaja, termasuk mengenai SADARI. Kata kunci : peer education, pengetahuan, sikap, SADARI

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns Meri Neherta., M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 Oct 2018 15:38
Last Modified: 10 Oct 2018 15:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38167

Actions (login required)

View Item View Item