PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA TANAMAN RIMPANG ENKAPSULASI SEBAGAI FEED ADITIF ALAMI DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA PRODUKSI BROILER

RANDI, SAPUTRA (2018) PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA TANAMAN RIMPANG ENKAPSULASI SEBAGAI FEED ADITIF ALAMI DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA PRODUKSI BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL RANDI SAPUTRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi beberapa sari tanaman rimpang enkapsulasi terbaik sebagai feed aditif alami dalam ransum untuk meningkatkan performa produksi broiler. Penelitian ini menggunakan 80 ekor ayam broiler umur 1 hari strain Lohman dari PT. Japfa Comfeed Jaya Farm. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Ransum perlakuan yang diberikan adalah 0,75% sari rimpang enkapsulasi dalam ransum broiler. Perlakuan R1 ( ransum komersil tanpa pemberian sari rimpang enkapsulasi), R2 (ransum komersil + 0,75% Sari Kunyit Enkapsulasi), R3 (ransum komersil + 0,75% Sari Kunyit Putih Enkapsulasi), R4 (ransum komersil + 0,75% Sari Temulawak Enkapsulasi) dan R5 (ransum komersil + 0,75% Sari Temu Ireng Enkapsulasi). Parameter yang diamati adalah konsusmsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Hasil analisa ragam dari pemberian beberapa sari rimpang enkapsulasi menunjukkan penggunaan sari rimpang enkapsulasi dengan level 0.75% dalam ransum komersil nyata (P<0,05) mempengaruhi konsumsi ransum dan pertambahan bobot badan, akan tetapi tidak nyata (P>0,05) mempengaruhi konversi ransum. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa pemberian beberapa sari tanaman rimpang enkapsulasi dalam ransum terhadap konsumsi dan pertambahan bobot badan broiler nyata (P<0,05) lebih tinggi dibandingkan perlakuan R1 (Kontrol). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan berbagai sari rimpang enkapsulasi dapat digunakan dengan level 0,75% dalam ransum broiler. Kata Kunci : Broiler, Enkapsulasi, Feed aditif, Performa, Tanaman rimpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Montesqrit, S.Pt, M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 08 Oct 2018 17:02
Last Modified: 08 Oct 2018 17:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38149

Actions (login required)

View Item View Item