Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Pengelolaan Risiko Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016)

Rozi, Ulandari (2018) Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Pengelolaan Risiko Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak PDF.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB I (PEndahuluan) pdf.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Penutup)
BAB Penutup pdf.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh fix pdf.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh mekanisme corporate governance dan pengelolaan risiko terhadap kinerja keuangan perbankan. Dalam studi ini mekanisme corporate governance diproksi dengan kompensasi dewan, kompensasi direksi, persentase kepemilikan saham asing dan persentase kepemilikan saham pemerintah. Pengelolaan risiko diproksikan dengan profil risiko bank, sementara kinerja keuangan diproksikan oleh ROA dan ROE. Sampel penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016 dengan metode purposive sampling. Ada 23 industri perbankan di setiap tahun yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah literatur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompensasi dewan komisaris dan kompensasi direksi tidak memiliki pengaruh negatif pada ROA dan ROE. Persentase kepemilikan saham asing tidak memiliki pengaruh positif pada ROA dan ROE. Sedangkan persentase kepemilikan saham pemerintah berpengaruh positif terhadap ROA dan ROE. Pengelolaan risiko tidak memiliki pengaruh positif pada ROA dan ROE. Kata kunci: Kompensasi dewan komisaris dan direksi, persentase kepemilikan saham asing dan pemerintah, pengelolaan risiko

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Efa Yonnedi, SE, MPPM, CA, Ak
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 08 Oct 2018 12:17
Last Modified: 08 Oct 2018 12:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38136

Actions (login required)

View Item View Item