Penentuan Kandungan Fenolik Total, Uji Aktivitas Antioksidan dan Antibakteri dari Ekstrak Bunga Kembang Bulan (Tithonia diversifolia (Hemsl.) A. Gray)

Gabrella, Sabatini (2018) Penentuan Kandungan Fenolik Total, Uji Aktivitas Antioksidan dan Antibakteri dari Ekstrak Bunga Kembang Bulan (Tithonia diversifolia (Hemsl.) A. Gray). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I. Pendahuluan)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V. Penutup)
BAB V. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tumbuhan kembang bulan (Tithonia diversifolia (Hemsl.) A. Gray) telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk obat sakit perut, demam, diare, luka, dan malaria. Berdasarkan penelitian sebelumnya, juga sudah dilaporkan bahwa tumbuhan ini memiliki aktivitas antidiabetes, antimikroba, antioksidan dan antikanker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan fenolik total, aktivitas antioksidan, dan antibakteri terhadap ekstrak heksana, etil asetat, dan metanol bunga kembang bulan. Penentuan kandungan fenolik total dilakukan dengan metoda Folin-Ciocalteu, aktivitas antioksidan dilakukan dengan metode DPPH (1,1-diphenyl-2-pycrilhydrazill) dan antibakteri dengan metode difusi cakram melalui penentuan zona bening terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan fenolik total paling tinggi terdapat pada ekstrak etil asetat (2,551 mg GAE/10 mg ekstrak kering). Aktivitas antioksidan ekstrak metanol bersifat sedang sebagai antioksidan dengan nilai IC50 219,21 mg/L, ekstrak etil asetat bersifat lemah sebagai antioksidan dengan nilai IC50 294,05 mg/L, sedangkan ekstrak heksan tergolong tidak aktif sebagai antioksidan dengan nilai IC50 939,50 mg/L. Dari hasil uji antibakteri menunjukkan bahwa ekstrak metanol memberikan aktivitas terhadap bakteri Staphylococcus aureus pada konsentrasi 1000 µg/mL dan 500 µg/mL dengan nilai zona bening masing-masing 2,5 mm dan 1,5 mm. Kata kunci : Tumbuhan kembang bulan, (Tithonia diversifolia (Hemsl.) A. Gray, metabolit sekunder, fenolik total, antioksidan, antibakteri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Suryati
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 08 Oct 2018 15:04
Last Modified: 08 Oct 2018 15:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38129

Actions (login required)

View Item View Item