PENGARUH TAKARAN KIRINYUH (Eupatorium inulifolium Kunth) SEBAGAI PUPUK HIJAU DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KOPI ARABIKA (Coffea arabica L.)

Winta, Wiguna (2018) PENGARUH TAKARAN KIRINYUH (Eupatorium inulifolium Kunth) SEBAGAI PUPUK HIJAU DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KOPI ARABIKA (Coffea arabica L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB akhir (PenutupKesimpulan).pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tumbuhan kirinyuh merupakan salah satu gulma yang tumbuh di dataran tinggi yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk hijau. Pupuk hijau kirinyuh dapat memperbaiki struktur tanah, mengurangi biaya produksi, dan menambahkan unsur hara khususnya N, P, dan K untuk budidaya tanaman kopi. Penelitian ini menggunakan pupuk hijau kirinyuh dan NPK (16:16:16) yang dilaksanakan dari bulan Februari sampai Juli 2018 di Nagari Aia Batumbuak Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok dengan ketinggian 1.616 meter diatas permukaan laut (mdpl). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh takaran kirinyuh (E. inulifolium Kunth) sebagai pupuk hijau dan pupuk NPK terhadap pertumbuhan tanaman kopi arabika. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) pola faktorial dengan faktor pertama (A) yaitu pupuk hijau kirinyuh 5 taraf perlakuan (0 g/tanaman, 250 g/tanaman, 500 g/tanaman, 750 g/tanaman, 1000 g/tanaman) faktor kedua (B) yaitu pupuk NPK Majemuk 4 taraf perlakuan (20 g/tanaman, 30 g/tanaman, 40 g/tanaman, 50 g/tanaman) dan setiap kombinasi perlakuan diulang pada 4 kelompok, sehingga diperoleh 80 satuan percobaan. Data hasil pengamatan di analisis dengan uji F taraf α = 5% dan perlakuan yang berbeda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) taraf α = 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan pemberian kirinyuh sebagai pupuk hijau dan NPK majemuk memberikan hasil terbaik pada takaran sebesar 1000 g/tanaman dan 20 g/tanaman terhadap pertumbuhan tanaman kopi arabika. Kata Kunci : kirinyuh, tanaman kopi arabika, dan pupuk NPK

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Ardi, MSc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 28 Sep 2018 13:52
Last Modified: 28 Sep 2018 13:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37986

Actions (login required)

View Item View Item