Hubungan Ketersediaan Alat, Pengawasan, Sikap dan Lama Pengalaman Klinis dengan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri pada Mahasiswa Profesi Keperawatan Universitas Andalas di RSUP M.Djamil Padang 2018

Medhia, Iqlima (2018) Hubungan Ketersediaan Alat, Pengawasan, Sikap dan Lama Pengalaman Klinis dengan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri pada Mahasiswa Profesi Keperawatan Universitas Andalas di RSUP M.Djamil Padang 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak-converted.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
BAB I-converted.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab vii)
BAB VII-converted.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI lengkaps-converted.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perilaku penggunaan alat pelindung diri (APD) pada mahasiswa keperawatan masih belum maksimal. Perilaku yang buruk dalam penggunaan APD dapat membahayakan perawat dengan terjadinya kecelakaan kerja. Perilaku penggunaan APD itu sendiri dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya hubungan antara ketersediaan alat, pengawasan, sikap dan lama pengalaman klinis dengan perilaku penggunaan alat pelindung diri pada mahasiswa profesi keperawatan universitas andalas di RSUP M.Djamil padang 2018. Penelitian ini adalah penelitian kuatitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa profesi keperawatan Universitas Andalas di RSUP M.Djamil Padang sebanyak 48 orang. Penelitian dilaksanakan selama bulan Juli 2018. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuisioner untuk melihat ketersediaan alat, pengawasan, sikap dan lama pengalaman klinis serta menggunakan lembar observasi checklist untuk melihat perilaku penggunaan APD. Hasil pengukuran data dianalisa dengan menggunakan uji Chi-square dengan CI 95% dan p < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari sebagian responden (77,1%) memiliki perilaku penggunaan APD yang baik. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya hubungan bermakna antara ketersediaan alat, pengawasan, sikap dan lama pengalaman klinis dengan perilaku penggunaan APD. Disarankan kepada mahasiswa profesi untuk lebih meningkatkan penggunaan APD, dan kepada pembimbing klinik untuk lebih meningkatkan pengawasan kepada mahasiswa serta rumah sakit untuk mengoptimalkan pengadaan APD ditiap ruangan. Kata Kunci : Alat Pelindung Diri, Ketersediaan Alat, Lama Pengalaman Klinis, Mahasiswa Profesi, Pengawasan, Sikap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, S.Kp, M.Kes
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Sep 2018 10:36
Last Modified: 21 Sep 2018 10:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37890

Actions (login required)

View Item View Item