PEMBERIAN HAK GUNA BANGUNAN UNTUK PEMBANGUNAN TOWER TRANSMISI TENAGA LISTRIK PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA BERDASARKAN PELEPASAN HAK MILIK MELALUI NOTARIS DI KABUPATEN INDRAGIRI HULU

EKO, PRANA PUTRA (2018) PEMBERIAN HAK GUNA BANGUNAN UNTUK PEMBANGUNAN TOWER TRANSMISI TENAGA LISTRIK PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA BERDASARKAN PELEPASAN HAK MILIK MELALUI NOTARIS DI KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK. PDF.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
PENDAHULUAN. PDF.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
PENUTUP. PDF.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA. PDF.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img] Text (Tesis Utuh)
TESIS UTUH. pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Adanya Hak menguasai dari negara sebagaimana dinyatakan dalam pasal 2 ayat (1) UUPA, Atas dasar ketentuan tersebut, negara berwenang untuk menentukan hak-hak atas tanah yang dapat dimiliki oleh dan atau diberikan kepada perseorangan dan badan hukum yang memenuhi persyaratan yang ditentukan. Hak penguasaan atas tanah yang berupa Hak Guna Bangunan adalah hak untuk mendirikan dan mempunyai bangunan-bangunan atas tanah yang bukan miliknya sendiri, sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 35 ayat (1) UUPA. Pengadaan tanah yang dilakukan atas dasar PT. Perusahaan Listrik Negara sebagai Badan Hukum yang menginginkan tanah adalah Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum yang dilaksanakan dengan cara pelepasan hak melalui Notaris yang proses pelepasan haknya dibuktikan dengan akta pelepasan hak yang dibuat oleh Notaris. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis merumuskan permasalahan yaitu : 1.Bagaimana Proses Pelepasan Hak Milik dalam pemberian Hak Guna Bangunan ? 2.Bagaimana keabsahan akta pelepasan hak milik yang dibuat oleh Notaris ? 3. Bagaimana Proses Pemberian Hak Guna Bangunan. Metode Penelitian dalam penulisan ini merupakan penelitian Yuridis Empiris. Berdasarkan dari hasil penelitian : 1.Acara pelepasan hak yang ditempuh oleh badan hukum PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA yang dalam proses pembangunan Tower Transmisi Tenaga Listrik dilaksanakan oleh PT. WASKITA KARYA, telah sesuai dengan undang-undang yang berlaku, yang dalam hal ini diperoleh dengan cara Pelepasan Hak dengan cara memberi ganti rugi yang telah disepakati secara musyawarah. 2. Keabsahan Akta Pelepasan Hak atau suatu Akta Pelepasan Hak dianggap sah serta dapat mempunyai kekuatan hukum dan pembuktian sempurna sebagai alas hak untuk permohonan Hak Guna Bangunan apabila akta tersebut dibuat dan diselesaikan menurut undang-undang atau ketentuan yang berlaku. 3. Surat keputusan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten IndraGiri Hulu Nomor 91/HGB/BPN.05.03/2017 telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagaimana ternyata dalam pasal 4 peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 1 tahun 2011 tentang Pelimpahan Kewenangan Pemberian Hak Atas Tanah dan kegiatan Pendaftaran Tanah Tersebut. Kata Kunci : Pemberian Hak, Hak Guna Bangunan, dan Notaris.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Kurnia Warman,S.H.,M.hum
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 17 Sep 2018 10:55
Last Modified: 17 Sep 2018 10:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37850

Actions (login required)

View Item View Item