PENGARUH LAMA STIMULASI LISTRIK PADA TEGANGAN 220 VOLT DAN LAMA PEMBEKUAN TERHADAP KUALITAS FISIK DAN KIMIA DAGING Silverside SAPI PESISIR

Rexsy, Kephi (2018) PENGARUH LAMA STIMULASI LISTRIK PADA TEGANGAN 220 VOLT DAN LAMA PEMBEKUAN TERHADAP KUALITAS FISIK DAN KIMIA DAGING Silverside SAPI PESISIR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak-converted.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan-converted.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama stimulasi listrik pada tegangan 220volt dan lama pembekuan terhadap kualitas fisik dan kimia daging silverside sapi Pesisir. Penelitian ini menggunakan 7,5 kg daging sapi Pesisir yang diambil pada bagian silverside. Sapi dalam penelitian ini berjenis kelamin jantan dan berumur 2,5-3 tahun dengan Body Condition Score 3. Metode penelitian ini menggunakan rancangan Split Plot dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 kelompok sebagai ulangan. Faktor A adalah lama stimulasi listrik yaitu a1 (stimulasi 1 menit), a2 (stimulasi 2 menit) dan a3 (stimulasi 3 menit) dan faktor B adalah lama pembekuan yaitu b1 (pembekuan 1 bulan) dan b2 (pembekuan 2 bulan). Peubah yang diukur adalah pH, daya ikat air, susut masak, keempukan, kadar air, kadar protein dan kadar lemak. Data penelitian ini diolah menggunakan analisis of variasi (ANOVA). Jika perlakuan menunjukkan perbedaan yang nyata maka dilakukan uji lanjut menggunakan Uji Jarak Berganda/Duncan Multi Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara lama stimulasi listrik dengan lama pembekuan tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap pH, daya ikat air, susut masak, keempukan, kadar air, kadar protein dan kadar lemak. Lama stimulasi listrik tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap pH, daya ikat air, susut masak keempukan, kadar air, kadar protein dan kadar lemak. Lama pembekuan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap pH dan berpengaruh nyata terhadap susut masak dan keempukan, namun tidak berpengaruh nyata terhadap daya ikat air, kadar air, kadar protein dan kadar lemak silversidesapi Pesisir. Kata kunci : Daging silverside, Kualitas Daging, Pembekuan, Sapi Pesisir, Stimulasi Listrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Khasrad, M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 06 Sep 2018 12:07
Last Modified: 06 Sep 2018 12:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37797

Actions (login required)

View Item View Item