PENGARUH EDUKASI GIZI DENGAN DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG DAN AKTIVITAS FISIK PADA SISWA GIZI LEBIH DI SMP PEMBANGUNAN KOTA PADANG TAHUN 2018

Ayu, Surya Ayu (2018) PENGARUH EDUKASI GIZI DENGAN DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG DAN AKTIVITAS FISIK PADA SISWA GIZI LEBIH DI SMP PEMBANGUNAN KOTA PADANG TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK fix.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
PENDAHULUAN.pdf - Updated Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 PENUTUP)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULLL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian Pengetahuan gizi seimbang dan aktivitas fisik yang kurang merupakan faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya gizi lebih pada remaja. Edukasi gizi merupakan kegiatan pendidikan kesehatan yang dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan mengubah perilaku remaja dalam bidang kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi dengan diskusi kelompok terhadap pengetahuan gizi seimbang dan aktivitas fisik pada siswa gizi lebih di SMP Pembangunan Kota Padang tahun 2018. Metode Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan menggunakan rancangan one group pre and post test desain yang dilakukan di SMP Pembangunan Kota Padang. Sampel terdiri dari 50 orang siswa gizi lebih. Data pengetahuan gizi seimbang dan aktivitas fisik dikumpulkan melalui wawancara menggunakan kuisioner. Analisa data menggunakan dependent sample t-test. Hasil Analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh edukasi gizi dengan diskusi kelompok terhadap pengetahuan gizi seimbang pada siswa gizi lebih (p<0,05) dan tidak ada pengaruh edukasi gizi dengan diskusi kelompok terhadap aktivitas fisik pada siswa gizi lebih (p>0,05). Kesimpulan Ada pengaruh edukasi gizi dengan diskusi kelompok terhadap pengetahuan gizi seimbang pada siswa gizi lebih dan tidak ada pengaruh edukasi gizi dengan diskusi kelompok terhadap aktivitas fisik pada siswa gizi lebih. Kata Kunci : Gizi Lebih, Pengetahuan Gizi Seimbang, Aktivitas Fisik, Diskusi Kelompok

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hafifatul Auliya Rahmi, SKM, MKM
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 31 Aug 2018 14:59
Last Modified: 31 Aug 2018 14:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37782

Actions (login required)

View Item View Item