PERANAN KEPOLISIANDALAM MENANGGULANGI KENAKALAN ANAK DALAM LALU LINTAS KHUSUS SEPEDA MOTOR DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR KOTA (POLRESTA) PADANG

Perdi, Perdi (2018) PERANAN KEPOLISIANDALAM MENANGGULANGI KENAKALAN ANAK DALAM LALU LINTAS KHUSUS SEPEDA MOTOR DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR KOTA (POLRESTA) PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Updated Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)

Abstract

ABSTRAK Kepolisian Negara Republik Indonesia memilik tugas yang luas dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum dan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.Salah satu tugasnya sebagai aparat penegak hukum adalah terhadap pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh anak sebagai pengendara sepeda motor karena telah diatur oleh Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan angkuatan jalan yakni pada Pasal 77 ayat (1) menyatakan bahwa setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memiliki SIM akan tetapi kenyataannya tidak sedikit pengendara sepeda motor yang mengendarai sepeda motor berusia dibawah 17 tahun. Semakin meningkatnya kendaraan dijalan raya apalagi sepeda motor yang sering menimbulkan pelanggaran lalu lintas. Pelanggaran lalu lintas sering kali terjadi bahkan sudah menjadi hal yang biasa dikalangan masyarakat maupun anak sekolah.Permasalahan yang dilihat disini adalah bentuk kenakalan anak dalam lalu lintas khusus sepeda motor, peranan kepolisian dalam menanggulangi kenakalan anak dalam lalu lintas khusus sepeda motor dan kendala-kendala dan upaya-upaya yang dihadapi polisi lalu lintas dalam menanggulangi kenakalan anak dalam lalu lintas khusus sepeda motor diwilayah hukumPolresta Padang.Penelitian dilakukan dengan metode penelitan yuridis sosiologis. Data diperoleh melalui dua cara yaitu data primer diperoleh langsung di lapangan (field research) dan data sekunder melalui penelitian kepustakaan (library research). Adapun hasil penelitian Penulis yaitu bentuk-bentuk kenakalan anak dalam lalu intas khusus sepeda motor pada umumnya tidak memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan , tidak memakai helm, melanggar rambu-rambu lalu linta, tidak memenuhu syarat- syarat berkendara, melampaui batas maksimum kecepatan, melawan arus, muatan berlebih. Perana kepolisian untuk menanggulangi kenakalan anak dalam lalu lintas khusus sepeda motor yaitu penegakan preventif merupakan tindakan pencegahan berupa edukasi, penyuluhan, dan sosialisas, represif merupakan langkah terakhir setelah penegakan preventif dan preemtif dilaksanakan, represif merupakan tindakan penindakan. Kendala dan upaya dihadapi kepolisian dalam menanggulangi kenakalan anak dalam lalu lintas khusus sepeda motor meliputi: preventif, dan represif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Tenofrimer, S.H., M.Si
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 29 Aug 2018 15:09
Last Modified: 29 Aug 2018 15:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37733

Actions (login required)

View Item View Item