PERILAKU KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL ORANG TUA DENGAN REMAJA PENGGUNA GADGET AKTIF (Kasus Tiga Keluarga di Kecamatan Kuranji Padang)

Mimi, Fahmiyatri (2018) PERILAKU KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL ORANG TUA DENGAN REMAJA PENGGUNA GADGET AKTIF (Kasus Tiga Keluarga di Kecamatan Kuranji Padang). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Penutup)
BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img] Text (Full tesis)
TESIS FULL text watermak.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perilaku Komunikasi Verbal dan Nonverbal Orang Tua dengan Remaja Pengguna Gadget Aktif (Kasus Tiga Keluarga di Kecamatan Kuranji Padang) Oleh: Mimi Fahmiyatri BP. 1420869021 Pembimbing: Dr. Neni Efrita, M.Si dan Dr. Ernita Arif, M.Si Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Setiap saat manusia melakukan komunikasi, dengan siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Dalam berkomunikasi, manusia tidak terlepas dari perilaku verbal dan nonverbal. Di era digital seperti sekarang, komunikasi menjadi semakin canggih dengan terciptanya teknologi yang “kekinian” yang dikenal dengan istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kemajuan teknologi telah memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan manusia terutama remaja pengguna gadget aktif. Di tangan remaja, gadget yang pada dasarnya memiliki fungsi sebagai alat yang dapat memudahkan manusia dalam berkomunikasi, justru dapat menjadi penyebab munculnya hal-hal yang tidak baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis data deskriptif dengan paradigma studi kasus. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku komunikasi verbal dan nonverbal yang digunakan oleh orang tua dalam berkomunikasi dengan anak remajanya yang memiliki karakteristik sebagai remaja pengguna gadget aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi verbal yang digunakan oleh orang tua dengan remajanya adalah dengan menggunakan bahasa Minang. Sedangkan perilaku nonverbal yang terdapat dalam komunikasi nonverbal orang tua dengan remajanya adalah dengan menggunakan gerakan fasial, gestural dan postural. Kata Kunci: Komunikasi Verbal dan Nonverbal, Orang Tua dan Remaja, Gadget.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Neni Efrita, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 Aug 2018 10:45
Last Modified: 23 Aug 2018 10:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37726

Actions (login required)

View Item View Item