ANALISIS FAKTOR KUALITAS PELAYANANTERHADAP KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK RAWAT JALAN RSUD Dr. ACHMAD DARWIS LIMA PULUH KOTA

dami, rensiner (2018) ANALISIS FAKTOR KUALITAS PELAYANANTERHADAP KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK RAWAT JALAN RSUD Dr. ACHMAD DARWIS LIMA PULUH KOTA. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & abstrak)
1. Cover Abstrak Tesis OK.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
2. Pendahuluan OK.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab akhir)
3. Bab Akhir Penutup OK.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka OK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img] Text (Tesis Utuh)
5. Tesis Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

RSUD Dr. Achmad Darwis di Lima Puluh Kota adalah rumah sakit kelas C yang telah ditetapkan sebagai PPK-BLUD sejak tahun 2014, Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Setelah empat tahun proses pengembangan, masih banyak keluhan yang ditemukan mengenai minimnya pelayanan di rumah sakit, diantaranya pelayanan rawat jalan, seperti proses registrasi yang rumit dan dokter yang datang terlambat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor kualitas terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Dr. Achmad Darwis. Penelitian ini menggunakan metode campuran Sequential Explanatory Model. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 01 Mei sampai dengan 02 Agustus 2017. Sampel diambil secara purposive sampling, sebanyak 110 orang. Analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan analisis deskriptif (univariat) dan Korelasi Pearson Product Moment (PPM) (bivariat). Dalam penelitian kualitatif menggunakan Thematik Analysis melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden mengatakan puas dengan layanan keperawatan di poliklinik rawat jalan, apotek dan pelayanan dokter. Sedangkan untuk pelayanan di loket pendaftaran dan infrastuktur sebagian besar responden mengaku kurang puas. Hasil wawancara mendalam didapatkan bahwa faktor-faktor yang menjadi penyebab permasalahan, diantaranya pelayanan di loket pendaftaran yang lama, keterlambatan kedatangan dokter di poliklinik dan kenyamanan di ruang tunggu di loket pendaftaran, poliklinik dan apotek. Kata Kunci : kepuasan, kualitas, rawat jalan

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. drg. Vivi Yanti Azwar, MARS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 07 Aug 2018 16:22
Last Modified: 07 Aug 2018 16:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37667

Actions (login required)

View Item View Item