ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA BIDAN DALAM PENGISIAN KARTU SKOR POEDJI ROHYATI PADA DETEKSI DINI KEHAMILAN RISIKO TINGGI DI PUSKESMAS KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

LIZA, ANDRIANI (2018) ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA BIDAN DALAM PENGISIAN KARTU SKOR POEDJI ROHYATI PADA DETEKSI DINI KEHAMILAN RISIKO TINGGI DI PUSKESMAS KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER THESIS.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I Tesis.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA thesis (1).pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL)
tesis full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Indikator yang menentukan derajat kesehatan masyarakat salah satunya adalah mortalitas.Bidan sebagai ujung tombak pelayanan antenatal harus mampu mencegah Angka Kematian Ibu (AKI) dengan meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan antenatal sesuai dengan standar. Salah satu upaya untuk mencegah AKI adalah dengan melakukan deteksi dini kehamilan risiko tinggi menggunakan kartu skor Poedji Rohyati (KSPR). Kinerja bidan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor individu, organisasi dan psikologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis faktor- faktor yang berhubungan dengan kinerja bidan dalam pengisian kartu skor Poedji Rohyati pada deteksi dini kehamilan risiko tinggi di Puskesmas Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi antara kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian kuantitatif adalah sebanyak 74 responden, pengumpulan data dilakukan dari bulan Januari sampai Februari 2018 dengan teknik wawancara menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Sedangkan informan penelitian kualitatif adalah Kepala Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat, kepala puskesmas dan bidan koordinator puskesmas Piladang, Taram, Koto Baru Simalanggang dan Tanjung Pati. Hasil penelitian membuktikan bahwa faktor yang berhubungan dengan kinerja bidan dalam pengisian KSPR antara lain tingkat pengetahuan (p= 0,031), sikap (p= 0,004), motivasi (p= 0,020) dan supervisi (p= 0,025). Faktor yang paling berhubungan dengan kinerja bidan dalam pengisian KSPR adalah sikap (p= 0,006). Hasil analisis diketahui kinerja bidan dalam pengisian KSPR masih kurang baik karena dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan, motivasi dan supervisi yang rendah. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa bidan akan memiliki kinerja yang baik dalam pengisian KSPR apabila didasari oleh tingkat pengetahuan yang tinggi, sikap yang positif, memiliki motivasi tinggi, supervisi yang berkala serta didukung oleh sarana yang lengkap. Kata Kunci : Skor Poedji Rohyati, faktor kinerja, bidan puskesmas.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.dr. Yuniar Lestari, M.Kes, FISCM, FISPH
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 03 Aug 2018 09:23
Last Modified: 03 Aug 2018 09:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37534

Actions (login required)

View Item View Item