Pengaruh Perbandingan Tanah dengan Kompos Daun Pangkasan Kakao dan Takaran Pupuk NPKMg Terhadap Pertumbuhan Bibit Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis guineensisJacq.) di Main Nursery

Rizal, Efendi (2018) Pengaruh Perbandingan Tanah dengan Kompos Daun Pangkasan Kakao dan Takaran Pupuk NPKMg Terhadap Pertumbuhan Bibit Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis guineensisJacq.) di Main Nursery. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
10. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI Utuh2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang Pengaruh Perbandingan Tanah dengan Kompos Daun Pangkasan Kakao dan takaran Pupuk NPKMg terhadap Pertumbuhan Bibit Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis guineensisJacq.) di Main Nursery telah dilaksanakan di UPT Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas sejak Maret-September 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi dan pengaruh perbandingan tanah dengan kompos daun pangkasan kakao dan takaran pupuk NPKMg terhadap pertumbuhan bibit tanaman kelapa sawit (Elaeis guinensis Jacq.) di main nursery. Penelitian disusun dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial, 5 x 4 dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama adalah perbandingan tanah dengan kompos daun pangkasan kakao yang terdiri dari 5 taraf (10%:90%, 20%:80%, 30%:70%, 40%:60%, 50%:50% ) dengan berat total media 5 kg. Faktor kedua adalah takaran pupuk NPKMg yang terdiri dari 4 taraf (32 g/bibit, 48 g/bibit, 64 g/bibit, 80 g/bibit). Data hasil pengamatan dianalisis dengan uji F, F hitung perlakuan yang lebih besar dari F tabel dilanjutkan dengan uji DNMRT pada taraf 5%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan tanah dengan kompos daun pangkasan kakao dan takaran pupuk NPKMg belum menunjukkan adanya interaksi terhadap pertumbuhan bibit tanaman kelapa sawit. Namun pemberian 50% kompos daun pangkasan kakao memperlihatkan pengaruh pada variabel diameter bonggol dengan rata-rata terbaik 3,45 cm. Kata kunci : kelapa sawit, kompos, main nursery, NPKMg,tanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Istino Ferita, MS
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 02 Aug 2018 16:09
Last Modified: 02 Aug 2018 16:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37492

Actions (login required)

View Item View Item