ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN TINDAKAN KOLABORASI EFEKTIF PERAWAT-DOKTER DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD MAYJEN H.A THALIB KERINCI

Moza, Susana (2018) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN TINDAKAN KOLABORASI EFEKTIF PERAWAT-DOKTER DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD MAYJEN H.A THALIB KERINCI. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Penutup)
BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
THESIS FULL text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PROGRAM STUDI S2 KEPERAWATAN PEMINATAN KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN KEPERAWATANFAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Tesis, Mei 2018 Moza suzanna AnalisisFaktor-faktoryang berhubungan denganPelaksanaanTindakanKolaborasiEfektifPerawat-Dokter di Instalasi Rawat InapRumahSakitUmumDaerah Mayjen HA ThalibKerinci xv+ 96 hal + 11 lampiran + 19 tabel+2 skema ABSTRAK Kolaborasi dalam kesehatan sangat penting karena masing-masing tenaga kesehatan memiliki pengetahuan, keterampilan, kemampuan, keahlian, dan pengalaman yang berbeda yang dapat meningkatkan performance di berbagai aspek yang berkaitan dengan sistem pelayanan kesehatan.Penelitian ini bertujuanuntukmengetahuihubungan faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan kolaborasi efektif perawat dan dokter. PenelitianinimerupakanpenelitianKuantitatif dengan rancangan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah Ketua tim di InstalasiRawatInap RSUD Mayjen H.A ThalibKerinci yang berjumlah 39 orang dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan KuesionerNurse-Physician Collaboration Scale (NPCS) dan Tang 2013.Analisa data bivariatdenganchi squaredan multivariate denganregresi logistic. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa kekuatan tidak setara (p-value =0.042) dan komunikasi (p-value =0.007) memiliki hubungan significant dengan pelaksanaan kolaborasi efektif perawat dan dokter, sedangkansalingmenghargai, peran professional danprioritastugastidakadahubungandenganpelaksanaankolaborasiefektifperawat-dokterdi RSUD Mayjen H.A Thalib KerinciFaktor yang paling berhubungandengan pelaksanaan kolaborasi efektif perawat dan dokter adalah faktor komunikasi Disarankan kepada pihak Rumah Sakit perlumeningkatkankomunikasi yang lebihefektifantaraperawatdandokter. Kata kunci : Faktorkolaborasi, Pelaksanaan kolaborasi efektif Daftar pustaka : 67 (2007-2016)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Suharizal, SH, MH
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 02 Aug 2018 15:05
Last Modified: 02 Aug 2018 16:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37469

Actions (login required)

View Item View Item