PENGARUH PEMBERIAN BISOZYME TERHADAP PERTUMBUHAN RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum) cv. TAIWAN DI TANAH ULTISOL PADA PEMOTONGAN KEDUA

Sonia, Refni D (2018) PENGARUH PEMBERIAN BISOZYME TERHADAP PERTUMBUHAN RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum) cv. TAIWAN DI TANAH ULTISOL PADA PEMOTONGAN KEDUA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Kesimpulan))
BAB akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Teks)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN BISOZYME TERHADAP PERTUMBUHAN RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum) cv. TAIWAN DI TANAH ULTISOL PADA PEMOTONGAN KEDUA Sonia Refni D, di bawah bimbingan Dr. Evitayani, S.Pt., M.Agr. dan Dr. Ir. Suyitman, M. P. Bagian Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan Bisozyme terhadap pertumbuhan (tinggi tanaman, panjang daun, lebar daun, jumlah anakan dan diameter batang) rumput Gajah cv. Taiwan di tanah ultisol pada pemotongan kedua dibandingkan dengan penggunaan pupuk kimia. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 (lima) perlakuan yaitu : P0 (Pupuk kandang + N, P, dan K), P1 (Bisozyme), P2 (Bisozyme + Pupuk kandang), P3 (Bisozyme + N, P, dan K), P4 (Bisozyme + Pupuk kandang + N, P, dan K) dan 4 (empat) ulangan (kelompok). Hasil analisis menunjukkan bahwa pemberian Bisozyme memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap panjang daun, lebar daun dan diameter batang, namun berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap tinggi tanaman dan jumlah anakan tanaman rumput Gajah cv. Taiwan di tanah ulisol pada pemotongan kedua. Tinggi tanaman berkisar dari 251,09 (P3) sampai 283,98 cm (P0), panjang daun berkisar dari 125,65 (P2) sampai 132,37 cm (P1), lebar daun berkisar antara 6,06 (P1) sampai 6,31 cm (P0) dan jumlah anakan berkisar dari 8 (P1) sampai 10 batang/rumpun (P0) serta diameter batang berkisar dari 2,15 (P3) sampai 2,44 cm (P4). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pemberian Bisozyme saja mampu menyamai pertumbuhan rumput Gajah (Pennisetum purpureum) cv. Taiwan dibandingkan penggunaan pupuk N, P dan K (anorganik) di tanah utisol. Kata Kunci : Bisozyme, Pertumbuhan, Pupuk Organik, Rumput Gajah (Pennisetum purpureum) cv.Taiwan, Tanah Utisol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Evitayani, S.Pt., M.Agr
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 02 Aug 2018 12:52
Last Modified: 02 Aug 2018 12:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37460

Actions (login required)

View Item View Item