PENGARUH PEMBERIAN BISOZYME TERHADAP PRODUKSI SEGAR, PRODUKSI BAHAN KERING DAN REVENUE COST RATIO RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum) cv. TAIWAN DI TANAH ULTISOL PADA PEMOTONGAN KEDUA

Silvia, Adelina (2018) PENGARUH PEMBERIAN BISOZYME TERHADAP PRODUKSI SEGAR, PRODUKSI BAHAN KERING DAN REVENUE COST RATIO RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum) cv. TAIWAN DI TANAH ULTISOL PADA PEMOTONGAN KEDUA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Kesimpulan))
BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full teks)
Tugas Akhir Ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN BISOZYME TERHADAP PRODUKSI SEGAR, PRODUKSI BAHAN KERING DAN REVENUE COST RATIO RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum) cv. TAIWAN DI TANAH ULTISOL PADA PEMOTONGAN KEDUA Silvia Adelina, dibawah bimbingan Dr. Evitayani, S.Pt., M.Agr. dan Dr. Mardhiyetti, S.Pt., M.Si. Bagian Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Bisozyme terhadap produksi segar, produksi bahan kering dan Revenue Cost Ratio (R/C Ratio) rumput Gajah (Pennisetum purpureum) cv. Taiwan di tanah ultisol pada pemotongan kedua dibandingkan dengan pupuk N, P dan K. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan perlakuan yaitu: P0 (pupuk kandang + pupuk N, P dan K), P1 (Bisozyme), P2 (Bisozyme + pupuk kandang), P3 (Bisozyme + pupuk N, P dan K), P4 (Bisozyme + pupuk kandang + pupuk N, P dan K) dan 4 kelompok sebagai ulangan. Parameter yang diukur adalah produksi segar, produksi bahan kering, dan R/C Ratio. Hasil analisis menunjukan bahwa pemberian Bisozyme memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap produksi segar dan produksi bahan kering, namun memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap R/C Ratio tanaman rumput Gajah cv. Taiwan di tanah ultisol pada pemotongan kedua. Rataan produksi segar berkisar antara 57,61-66,42 ton/ha/panen, produksi bahan kering 12,29-14,82 ton/ha/panen, dan R/C Ratio 1,65-6,80. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa produksi segar dan produksi bahan kering serta R/C Ratio rumput Gajah cv. Taiwan dengan pemberian Bisozyme sebagai pupuk organik dapat mengganti penggunaan pupuk N, P, dan K. Dalam perhitungan kelayakan usaha (R/C Ratio) dengan nilai R/C Ratio >1 sudah dikatakan layak untuk dilaksanakan usaha peternakan. Kata Kunci : Bisozyme, Pupuk Kandang, Pupuk N, P, K.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Evitayani, S.Pt., M.Agr
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 02 Aug 2018 12:52
Last Modified: 02 Aug 2018 12:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37457

Actions (login required)

View Item View Item