FORMULASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI TERHADAP STREPTOCOCCUS MUTANS SEDIAAN OBAT KUMUR DISPERSI PADAT ASAM USNAT-PVP K-30

A.Muzammil, A.Muzammil (2018) FORMULASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI TERHADAP STREPTOCOCCUS MUTANS SEDIAAN OBAT KUMUR DISPERSI PADAT ASAM USNAT-PVP K-30. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img] Text (tugas akhir full text)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Asam usnat merupakan salah satu metabolit sekunder yang dapat ditemukan dalam lichen Usnea sp. Asam usnat memiliki berbagai aktivitas biologis seperti antibakteri, antivirus, antimikotik, antiprotozoa, analgetik, antipiretik, proteksi sinar UV, antikanker dan antiinflamasi. Senyawa ini terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans yang menginisiasi pembentukan plak sehingga dapat menimbulkan karies gigi. Tujuan dari penelitian ini untuk memformulasikan dispersi padat asam usnat-PVP K-30 menjadi sediaan obat kumur bebas alkohol. Penelitian ini dilakukan dengan memformulasikan sediaan obat kumur, mengevaluasi stabilitas sediaan dan uji aktivitas sediaan terhadap bakteri Streptococcus mutans. Hasil evaluasi stabilitas sediaan obat kumur pada suhu ruang (25-30ºC) dan cycling test menunjukkan bahwa sediaan F2 merupakan formula yang relatif stabil dibandingkan dengan formula lain dan obat kumur “X”. Uji daya hambat sediaan obat kumur terhadap bakteri Streptococcus mutans ATCC 25175 menunjukkan bahwa sediaan obat kumur yang mengandung dispersi padat asam usnat memiliki diameter hambat yang sangat kuat. Diameter hambat sediaan obat kumur dispersi padat asam usnat PVP K-30 terhadap bakteri Streptococcus mutan ATCC 25175 menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan p<0,05. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sediaan F2 merupakan sediaan yang memiliki diameter hambat paling besar dibandingkan sediaan lain dan obat kumur pembanding “X”. Kata kunci: asam usnat, antibakteri, karies gigi, obat kumur bebas alkohol, Streptococcus mutans dan Usnea sp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Erizal, S.Si, M.Si, Apt
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 02 Aug 2018 15:46
Last Modified: 02 Aug 2018 15:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37367

Actions (login required)

View Item View Item