Tuturan Kiasan Tentang Organ dan Anggota Tubuh Manusia dalam Buku Peribahasa Minangkabau Karya Anas Navis 1996 Tinjauan Semantik dan Pragmatik

Rosita, Fatma (2018) Tuturan Kiasan Tentang Organ dan Anggota Tubuh Manusia dalam Buku Peribahasa Minangkabau Karya Anas Navis 1996 Tinjauan Semantik dan Pragmatik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (434kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
dgfdftgfyt.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
gabung cover dan abstrak.pdf

Download (449kB)

Abstract

ABSTRAK Rosita Fatma. 2018.“Tuturan Kiasan tentang Organ dan Anggota Tubuh Manusia dalam Buku Peribahasa Minangkabau Karya Anas Navis (1996)”. Skripsi. Jurusan Sastra Minangkabau. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. Pembimbing: 1. Bahren, S.S., MA. dan 2. Dr. Lindawati, M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk mengiventarisasi kosa kata yang berkaitan dengan organ dan anggota tubuh manusia yang terdapat dalam tuturan kiasan dalam buku Peribahasa Minangkabau karya Anas Navis (1996) dan menjelaskan fungsi dan makna tuturan kiasan yang berkaitan dengan anggota dan organ tubuh manusia yang terdapat dalam tuturan kiasan dalam buku tersebut di atas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori di bidang semantik dan pragmatik. Metode yang digunakan dalam penyediaan data adalah metode simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan yaitu teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) dan teknik catat. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode padan tranlasional dan metode agih.Metode agih diterapkan melalui teknik dasar teknik bagi unsur langsung dan teknik lanjutnya teknik sisip dan teknik ubah wujud. Sealnjutnya, metode penyajian hasil analisis yang digunakan adalah metode formal dan informal. Berdasarkan analisis data ditemukan: 1) lima kata yang berkait dengan organ tubuh dan lima puluh delapan kata yang berkait dengan anggota tubuh; 2) empat fungsi ilokusi, yaitu asertif, direktif, komisif, dan ekspresif. Pada fungsi asertif ditemukan makna menyatakan, mengeluh, dan memberitahukan. Pada fungsi direktif ditemukan makna memerintah dan menasehati. Seterusnya, pada fungsi komisif ditemukan makna menjanjikan. Terakhir, pada fungsi ekspresif ditemukan makna ungkapan rasa sedih, rasa marah, rasa penyesalan, rasa pesimis, dan pujian. Kata kunci: tuturan, kiasan, bahasa Minangkabau, anggota dan organ tubuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Daerah
Depositing User: s1 sastra minang
Date Deposited: 02 Aug 2018 13:51
Last Modified: 02 Aug 2018 13:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37355

Actions (login required)

View Item View Item