Pengaruh Profitabilitas dan Risiko Kredit Terhadap Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) Dalam Praktek Manajemen Laba Pada Perusahaan Perbankan di Indonesia

Dina, Hardianti (2017) Pengaruh Profitabilitas dan Risiko Kredit Terhadap Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) Dalam Praktek Manajemen Laba Pada Perusahaan Perbankan di Indonesia. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V (Penutup))
BAB V (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris tentang pengaruh profitabilitas yang diproksi dengan Return On Asset (ROA) dan risiko kredit yang diproksi dengan Non Performing Loan (NPL) terhadap Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) dalam praktek manajemen laba pada perusahaan perbankan di Indonesia. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis hypotesis testing dengan populasi penelitian adalah 36 perusahaan-perusahaan publik di bidang jasa sektor keuangan sub sektor bank di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengambilan sampel berdasarkan metode purposive sampling dengan menetapkan beberapa kriteria, diperoleh jumlah sampel penelitian sebanyak 25 perusahaan sampel dari 36 populasi yang ada, sehingga didapat jumlah sampel untuk 5 tahun periode penelitian (tahun 2011 – 2015) sebanyak 125. Data – data ini merupakan data sekunder, yaitu yang terdapat pada laporan keuangan perusahaan - perusahaan yang dapat diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dari tahun 2011 sampai tahun 2015 dan browsing data -data Annual Report pada situs resmi BEI. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program Statistical Program for Social Science (SPSS) untuk mengetahui kekuatan prediksi pengaruh rasio profitabilitas dan NPL terhadap Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) pada perusahaan perbankan di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel rasio profitabilitas dan risiko kredit berpengaruh secara bersama-sama terhadap Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) dalam praktek manajemen laba pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Selain itu, secara parsial rasio profitabilitas dan risiko kredit berpengaruh secara signifikan positif terhadap Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) dalam praktek manajemen laba pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kata kunci : Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP), Risiko Kredit, Non Performing Loan (NPL), Profitabilitas, Return On Asset (ROA).

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Fajri Adrianto, SE, M.Bus
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 magister manajemen
Date Deposited: 01 Aug 2018 10:19
Last Modified: 01 Aug 2018 10:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37324

Actions (login required)

View Item View Item