PELAKSANAAN LELANG TERHADAP OBJEK JAMINAN FIDUSIA YANG DIRAMPAS OLEH NEGARA BERDASARKAN PUTUSAN PENGADILAN NEGERI PADANG NOMOR : 400/PID.B/2011/PN.PDG. DI KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG PADANG

Ferdian, Ferdian (2018) PELAKSANAAN LELANG TERHADAP OBJEK JAMINAN FIDUSIA YANG DIRAMPAS OLEH NEGARA BERDASARKAN PUTUSAN PENGADILAN NEGERI PADANG NOMOR : 400/PID.B/2011/PN.PDG. DI KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I. PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV. PENUTUP)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img] Text (Tesis Fulltext)
Draft Tesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perampasan alat bukti harus dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum, azaz-azaz, dan prinsip-prinsip yang dibenarkan oleh hukum, sebagai suatu bentuk dari sebuah Negara Hukum yang mempunyai badan-badan atau pelaksana dari peraturan hukum. Pada penulisan ini objek barang rampasan yang kemudian dilelang merupakan Objek Jaminan yang diikat dengan Fidusia. Rumusan masalahnya yaitu : 1) Apa hakekat hukum barang rampasan yang dapat dirampas oleh Negara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap?, 2) Bagaimana pelaksanaan lelang terhadap objek jaminan fidusia yang dirampas oleh Negara berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Padang Nomor : 400/PID.B/2011/PN.PDG di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Padang?, 3) Bagaimana kepastian hukum terhadap pemenang lelang objek jaminan fidusia dirampas untuk Negara berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Padang Nomor : 400/PID.B/2011/PN.PDG yang pada kenyataannya menjadi jaminan di perusahaan lembaga keuangan non Bank (Leasing) PT. Adira Dinamika Multi Finance Cabang Padang?. Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Hasil penelitian: 1) Hakekat hukum barang rampasan yang dapat dirampas oleh negara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap harus milik terdakwa dan benda yang dirampas harus mempunyai hubungan langsung dengan perbuatan pidana yang dilakukan., 2) Pelaksanaan lelang terhadap objek jaminan fidusia yang dirampas oleh Negara berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Padang Nomor : 400/PID.B/2011/PN.PDG di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Padang, Kejaksaan Negeri Padang selaku eksekutor pelaksana putusan hakim dan KPKNL selaku Institusi yang ditunjuk sebagai pelaksana lelang telah melaksanakan proses lelang yang telah sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku, pelaksanaan lelang barang rampasan yang dilakukan memiliki mekanisme dan aturan tentang pelaksanaannya., 3) Kepastian hukum terhadap pembeli lelang objek jaminan fidusia dirampas untuk Negara berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Padang Nomor : 400/PID.B/2011/PN.PDG yang pada kenyataannya menjadi jaminan di perusahaan lembaga keuangan non Bank (Leasing) PT. Adira Dinamika Multi Finance Cabang Padang, masih belum dirasakan oleh pembeli lelang, terbukti adanya berbagai permasalan yang muncul setelah pembeli lelang dinyatakan sebagai pemenang lelang, dalam hal pengurusan dokumen kepemilikan sampai dengan keamanan dalam pemanfatan kendaraan yang dibeli melalui proses lelang barang rampasan tersebut. Kata Kunci : Pelaksanaan, Lelang, Jaminan Fidusia, Barang Rampasan, Putusan Pengadilan, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. YUSLIM, S.H., M.H.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 31 Jul 2018 16:40
Last Modified: 31 Jul 2018 16:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37277

Actions (login required)

View Item View Item